Tak Layak Pakai. Kondisi Pasar Weleri di Kendal (foto : JN09)
Tak Layak Pakai. Kondisi Pasar Weleri di Kendal (foto : JN09)
Tak Layak Pakai. Kondisi Pasar Weleri di Kendal (foto : JN09)

Kendal, Jowonews.com – Pasar tradisional Weleri dinilai tidak layak dipakai sebagai pusat perdagangan. Pasalnya pasar terbesar di Kendal ini kondisinya sudah rusak parah. Jika hujan air hujan bisa masuk ke pasar karena eternit dan genteng rusak. Selain itu instalasi listrik yang ada di pasar rawan terjadi korsleting karena instalasi yang dipasang tidak sesuai standar.

Salah satu pedagang Yusuf mengaku kondisi pasar sudah mengalami kerusakan sejak lima tahun terakhir. Meski sudah cukup lama mengalami kerusakan hingga kini belum ada perbaikan signifikan. Beberapa eternit yang jebol belum diganti. Jika hujan turun pedagang di lantai dua terkena air hujan.

“Saat musim seperti sekarang ini pedagang lantai dua paling terkena dampaknya,” ujar Yusuf.

Yusuf menilai sudah saatnya pasar Weleri direhab total. Apalagi jumlah pedagang yang ada sudah over dibandingkan kondisi pasar saat dibangun. Justru pedagang kaki lima (PKL) memenuhi seluruh akses jalan ke pasar.

Pemandangan kumuh ini menyebabkan pengunjung enggan ke pasar. Akibatnya pedagang mengalami penurunan omzet yang cukup besar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan M Syukron mengaku sebagian besar pasar tradisional perlu direhab atau dibangun kembali karena kondisinya tidak layak. Namun untuk merevitalisasi pasar tradisional membutuhkan dana yang cukup besar. (JN09)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here