Arsenal dan Soton akan saling pukul demi tiket Liga Champions
Arsenal dan Soton akan saling pukul demi tiket Liga Champions
Arsenal dan Soton akan saling pukul demi tiket Liga Champions
Arsenal dan Soton akan saling pukul demi tiket Liga Champions

SOUTHAMPTON, Jowonews.com – Liga Primer Inggris pekan ke-19 kali ini akan mempertemukan Southampton vs Arsenal, Kamis (01-01-2015) pukul 22.00 WIB yang akan berlangsung di St. Mary’s Stadium Southampton Hampshire. Tuan rumah saat ini menduduki posisi ke-4 klasemen sementara dengan memperoleh 33 poin dari 19 kali pertandingan.

Southampton memperoleh suntikan moral setelah mengimbangi pimpinan klasemen Chelsea 1-1 sekaligus melanjutkan catatan tidak terkalahkan dalam tiga pertandingan. Sedangkan Arsenal cuma sekali kalah dalam tujuh laga liga terakhirnya.

Sementara konsistensi Arsenal akan diuji saat ke markas Southampton. Kemenangan akan mengembalikan The Gunners ke papan atas sekaligus membangun langkah awal dalam mengejar rival-rivalnya. Target gudang peluru bisa masuk zona Liga Champions.

Kemenangan 2-1 melawan West Ham pada Minggu silam mendongrak posisi Arsenal ke posisi kelima klasemen sementara. Dengan koleksi 33 poin, Arsenal cuma kalah selisih gol dari Southampton di atasnya dan selisih tiga poin dari Manchester United di urutan ketiga.

Memulai tahun 2015, Arsenal mengusung misi untuk tampil lebih stabil dan konsisten di paruh kedua musim, dalam usaha merangsek ke posisi atas klasemen Premier League. “Saya percaya ada defisit antara potensi yang telah kami perlihatkan dan jumlah poin yang kami miliki saat ini,” ujar Arsene Wenger.

“Itulah yang ingin kami benahi. Saya merasa kami amat sangat sial dengan cedera pemain yang menerjang kami. Secara keseluruhan, dengan jumlah pemain yang cedera, kami sebenarnya sudah bertahan dengan cukup baik. Tetapi saya percaya bahwa semoga saja di paruh kedua musim kami akan lebih stabil, terutama secara defensif, juga lebih konsisten,” harapnya.

“Kami akan berjuang untuk bisa sedekat mungkin (ke puncak klasemen). Kami tidak dalam posisi untuk berhitung (apa yang dibutuhkan), kami dalam posisi untuk berkata ‘Ayo hadapi laga berikutnya dan menang’. Saat ini masih terlalu dini, masih ada 19 laga lagi. Saat ini kami harus konsisten dan memenangi laga selanjutnya,” tegas Wenger.

Kiper Wojciech Szczesny mengungkapkan keseriusan timnya bersaing dengan Chelsea, dan Manchester City. Namun, untuk sekarang fokus utama Arsenal hanyalah memenangi sebanyak mungkin laga di tahun baru dimulai dengan melawan Southampton.

“Kami sudah bilang sebelum periode Natal ketika kami menjalani pertandingan melawan QPR, West Ham, kemudian Southampton bahwa kami menginginkan sembilan poin. Kami sudah memiliki enam poin sekarang jadi kami akan menantang Southampoton dengan kepercayaan diri,” ucap Szczesny.

“Kami cuma ingin memenangi setiap pertandingan. Dengan posisi kami sekarang, kami harus memenuhi target jangka pendek dan itu adalah tiga poin di markas Southampton. Apakah kami bisa mengejar tim-tim lain di depan kami nanti kami akan tahu. Tapi sekarang kami ingin fokus di setiap pertandingan,” sambung kiper Polandia itu.

Laga melawan Southampton, jadi kesempatan bagi Arsenal guna menyodok ke posisi empat besar. Demi meraih kemenangan, Danny Welbeck menyebutkan timnya mesti fokus di laga tersebut. “Yang paling penting bagi kami  berkonsentrasi pada pertandingan melawan Southampton, karena kami tidak tahu ke depannya seperti apa. Kami mesti siap di setiap laga yang dipertandingkan,” ujar Welbeck.

Tim asal London Barat itu memiliki yang poin sama tapi kalah agresivitas gol dengan Southampton yang duduk di posisi keempat. “Kami telah melakukan itu dalam 17 tahun, jadi kami diliputi kepercayaan bisa melakukan itu (finis empat besar). Ini semua dilakukan karena, ketika Anda melihat klasemen semua tim berjuang keras untuk itu. Southampton, Tottenham, Manchester United, dan banyak tim yang bertarung demi posisi itu,” kata Wenger.

“Saya selalu memiliki kepercayaan itu bahwa finis empat besar itu mungkin, tapi itu masih jauh dari tercapai. Kami hanya ingin menang di laga selanjutnya dan konsisten dalam performa. Kami imbang 2-2 melawan Liverpool, tapi hari Minggu lalu kami menang jauh dari rumah,” lanjutnya.

Manajer The Saints, Ronald Koeman justru mensyukuri hasil imbang yang didapat Southampton saat bertemu Chelsea. Meski The Blues punya kualitas yang lebih baik, tapi Soton nyatanya mampu mengimbangi.

Menurut Koeman, Soton sudah bermain baik dan mampu meredam setiap tekanan yang dilancarkan para pemain Chelsea terutama di babak kedua. Bahkan Chelsea tidak diberi kesempatan sama sekali menembak ke gawang Soton pada babak kedua.

“Jelas di babak kedua Chelsea adalah tim yang lebih baik. Tapi mereka tidak bisa membuat banyak kesempatan karena saya rasa permainan kami sangat luar biasa hari ini. Semangat para pemain fantastis dan itulah kunci dari hasil imbang hari ini,” jelas Koeman.

Chelsea sudah dibuat frustrasi sejak awal pertandingan oleh Soton. Kalau tidak mentah di barisan belakang para pemain Soton, serangan Chelsea sudah patah duluan oleh Morgan Schneiderlin di lini tengah.

Laga yang berlangsung di St. Mary’s Stadium nanti diyakini bakal berjalan seru dan alot. Sebelumnya kedua tim ini sudah pernah  bertemu sebanyak 14 kali dan dari pertemuan tersebut, tuan rumah Southampton hanya mampu meraih 2 kali kemenangan, 5 kali hasil imbang dan menelan 7 kali kekalahan atas The Gunners Arsenal.(JN01)

 Head to Head :
04-12-2014 Arsenal 1-0 Southampton
24-09-2014 Arsenal 1-2 Southampton
29-01-2014 Southampton 2-2 Arsenal
23-11-2013 Arsenal 2-0 Southampton
02-01-2013 Southampton 1-1 Arsenal

Prediksi Susunan Pemain :

Southampton : Fraser Forster, Maya Yoshida, Jose Miguel Fonte, Toby Alderweireld, Matt Target,, Steven Davis, Victor Wanyama, Sadio Mane, Shane Long, Dusan Tadic, Graziano Pelle. Pelatih : Ronald Koeman.

Arsenal : Wojciech Szczesny, Mathieu Debuchy, Per Mertesacker, Laurent Koscielny, Nacho Monreal, Mathieu Flamini, Francis Coquelin, Alex Oxlade-Chamberlain, Santi Cazorla, Danny Wellbeck, Alexis Sanchez. Pelatih : Arsene Wenger. –

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here