Gd.Kantor Gubernur dan Gd Berlian/ DPRD Jateng, foto: www.budiono.heck.in
Gd.Kantor Gubernur dan Gd Berlian/ DPRD Jateng, foto: www.budiono.heck.in
Gd.Kantor Gubernur dan Gd Berlian/ DPRD Jateng, foto: www.budiono.heck.in

SEMARANG, Jowonews.com –  Pemprov Jateng melanjutkan program tahun infrastruktur di Jawa Tengah di tahun 2015. Alokasi anggarannya melonjak lebih dari 100 persen. Pada 2014 lalu, pemprov hanya mengalokasikan sebesar Rp 1,255 triliun, tapi tahun 2015 ini mengalami kenaikan mencapai Rp 2,572 triliun.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, kenaikan anggaran lantaran perbaikan infrastruktur membutuhkan dana besar. Ia mengakui jika dana Rp 1,255 triliun pada 2014 masih belum cukup untuk infrastruktur di Jawa Tengah. “Masyarakat masih banyak laporan jalan rusak. Makahnya tahun 2015 alokasinya ditambah,” katanya, Rabu (31/12/2014).

Alokasi dana sebesar Rp 2,572 triliun sudah ada pos masing-masing. Sebanyak Rp 2,18 triliun diantaranya untuk Dinas Binamarga, dan sisanya, Rp 249 miliar untuk proyek irigasi di Dinas PSDA, dan Rp 143 miliar untuk pemugaran rumah tidak layak huni Dinas Ciptakaru. “Kami ingin infrastrutur bagus, jadi nanti bisa mengoptimalkan berbagai sektor ekonomi di Jateng,” tambahnya.

Kepala Dinas Bina Marga Jateng, Bambang Nugroho mengatakan, dari Rp 2,1 triliun, belanja langsung perbaikan jalan dan jembatan sebanyak Rp 2,071 triliun. Anggaran itu dipergunakan untuk penanganan jalan-jalan di wilayah perbatasan antar provinsi, aksesibilitas jalan dari Pantura – Pansela, akses jalan di kawasan pariwisata, penanganan khusus daerah dengan struktur tanah labil, dan pengembangan perekonomian wilayah.  “Tahun 2015 bakal ada ada pembangunan 132 paket jalan,” katanya.

Wakil Komisi D DPRD Jawa Tengah, Hadi Santoso mengakui ada kenaikan sekitar Rp 1 triluyun untuk pembangunan infrastruktur di Jateng. Dana itu akan digunakan untuk mempercepat pembangunan alternatif Pantura, serta jalan di perbatasan. “Konsentrasi untuk mempercepat pembangunan infrastruktur. Jika infrastruktur bagus, perekonomian bisa meningkat,” katanya.(JN01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here