Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo

Kudus, Jowonews.com  – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek secara langsung saluran air yang tersedia di depan Terminal Induk Jati Kudus menyusul ditinggikannya Jalan Lingkar Kudus.

Hal itu, dilakukan guna memastikan saluran yang tersedia memang memadai untuk mengatur air limpahan ketika musim hujan karena sebelumnya kawasan tersebut tergenang banjir sehingga melumpuhkan akses Jalan Lingkar Kudus.
“Genangannya cukup dahsyat sehingga menjadi perhatian karena sempat melumpuhkan jalur ekonomi,” kata Ganjar Pranowo didampingi Bupati Kudus Musthofa ketika mengunjungi proyek peninggian Jalan Lingkar Kudus, Senin (31/12).
Ganjar kembali menelusuri saluran air yang tersedia hingga mendekati pemukiman penduduk di Dukuh Tanggulangin Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kudus.
Dari hasil pengamatannya itu, Ganjar pun meminta Bupati Kudus merancang desain bangunan untuk mengalirkan air limpahan guna mengurangi dampak banjir.
Desain tersebut, kata Ganjar, juga untuk mengetahui kebutuhan dana yang dibutuhkan sehingga bisa diajukan ke Pusat.
“Sebaiknya Januari 2015 harus sudah rampung agar bisa dibawa ke Pemerintah Pusat karena pembahasan APBN Perubahan biasanya dilakukan pada Februari 2015,” ujarnya.
Semakin cepat, kata dia, akan semakin baik karena peluang mendapatkan bantuan dari pusat juga semakin terbuka.
“Kami tidak ingin jalan sudah bagus, ternyata berdampak banjir untuk daerah lainnya,” ujarnya.
Dalam penyusunan desainnya Pemkab Kudus dipersilakan bekerja sama dengan BPSDA.
Pemkab Kudus sendiri sudah berupaya mengurangi dampak banjir di kawasan setempat dengan membangun polder yang dilengkapi dengan mesin pompa air yang memiliki kapasitas 300 liter per detik.
Hanya saja, kata Ganjar, peralatan tersebut dinilai belum mampu mengatasi permasalahan banjir di daerah setempat sehingga lewat desain tersebut diharapkan bisa diketahui kebutuhan anggaran serta peralatan dan sarana pendukung yang dibutuhkan.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Pemerintah Kabupaten Kudus menghitung biaya yang dibutuhkan dalam melakukan antisipasi potensi banjir di Kecamatan Jati, Kudus menyusul selesainya proyek peninggian Jalan Lingkar Kudus.
Bupati Kudus Musthofa menyatakan untuk penyusunan desain secara detailnya diserahkan kepada Dinas Bina Marga Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Kudus.
“Mudah-mudahan ada bantuan dana dari pusat,” ujarnya. (JN04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here