Kantor pemkot (foto : salatiga.nl)
Kantor pemkot (foto : salatiga.nl)
Kantor pemkot (foto : salatiga.nl)

SALATIGA, Jowonews.com –­ Rencana pemerintah Kota Salatiga untuk membangun tempat wisata yang representatif yaitu Taman Wisata Salatiga ( TWS) akhirnya terwujud. Guna merealisasikan pembangunan tersebut,dibutuhkan dana 40 miliar. Untuk tahap awal di tahun 2105, akan dibangun gapura TWS dan jalan dengan anggaran senilai Rp 5 miliar.

Kepala Dishubkonbudpar Kota Salatiga Adi Suprapto mengatakan, dana untuk TWS itu akan diambilkan dari APBD secara bertahap. Namun tidak tertutup kemungkinan jika dalam perjalanannya ada investor yang mau bergabung, pemkot dengan terbuka akan menerimanya.

Dijelaskan Ady, untuk tahap awal pembangunan TWS akan dilaksanakan di tahun 2015 nanti. Pembangunan awal tersebut meliputi pembuatan gapura masuk dan jalan.

“Anggaran untuk pembangunan gapura dan jalan ini dianggarkan Rp 5 miliar,” ujar Ady Rabu (31/12). Di tahun berikutnya, pihaknya kembali akan mengangarkan untuk pembangunan lanjutan, dan saat ini masih dalam perencanaan.

Menurut Ady, TWS menempati lahan seluas 5 hektar dan berlokasi di Keluarahan Bugel.

Dikatakan dia, pihaknya tidak hanya mengusulkan TWS saja, Dishubkonbudpar juga mengusulkan dan merencanakan pembangunan wisata budaya di komplek Prasasti Plumpungan.

“Lokasi sudah ada, tinggal menunggu perencanaan dan pengajuan anggaran,” ujarnya.

Menurut Adi, diharapkan dengan dibangunnya TWS dan wisata budaya ini, masyarakat Salatiga bisa mendapatkan hiburan yang memadai serta sarana edukasi tentang budaya Salatiga. (JN01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here