Pantai Sendangsikucing
Pantai Sendangsikucing
Pantai Sendangsikucing
Pantai Sendangsikucing

Kendal, Jowonews.com – Obyek Wisata (OW) Pantai Sendangsikucing, Rowosari terancam hilang. Pasalnya OW yang dikelola Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) ini terkena abrasi sejak lima tahun terakhir. Pantai sepanjang 100 meter ini sudah banyak yang tergerus ombak tinggi Laut Jawa. Salah satu penyebab abrasi karena berada diantara breakwater milik PT WSI dan tempat pelelangan ikan.

“Memang sangat sulit untuk mengatasi abrasi Laut Jawa yang cukup tinggi,” ujar Kepala Disbudpar Kendal Agus Rifai.

Rifai mengaku selama ini mengalami kesulitan untuk membendung abrasi karena biayanya sangat besar. Mestinya untuk mengatasi abrasi harus melibatkan semua pihak. Karena jika dibiayai Disbudpar pihaknya mengaku tidak mampu.

Menurut Rifai idealnya disekitar obyek wisata diberi tanggul untuk menahan ombak Laut Jawa yang cukup tinggi. Setelah tanggul dibangun di sisi selatannya ditanam tanaman mangrove untuk memperkuat tanggul agar tahan lama.

“Kalau hanya tanaman mangrove tidak mampu menahan ombak tinggi,” ujar Rifai.

Diakui obyek wisata yang dikelolanya sebenarnya cukup potensial karena kondisi pantainya tidak membahayakan. Hanya obyek wisata itu perlu dipoles sedikit untuk menarik pengunjung. (JN09)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here