pelatihan banser di Kendal
pelatihan banser di Kendal
pelatihan banser di Kendal
pelatihan banser di Kendal

Kendal, Jowonews.com – Ketua PCNU Kendal KH Muhammad Danial minta kader Banser menjadi garda terdepan saat terjadi bencana. Pasalnya tiap ada bencana, banyak warga nahdliyin yang terken dampaknya. Karena itu personel Banser harus dibekali dengan keterampilan menghadapi bencana yang bakal terjadi.

“Saat ini sudah mulai memasuki musim hujan sehingga bencana tanah longsor dan banjir perlu disiasati sedini mungkin,” ujar Danial usai membuka Diklatsus Bagana Banser di pantai Sendangsikucing, Rowosari petang tadi.

Danial mengaku tiap ada kejadian bencana dipastikan ada warga nahdliyin di dalamnya. Pasalnya warga NU merupakan mayoritas di negeri ini. Karena itu Banser Ansor harus menjadi pelopor di segala bidang, termasuk kesiapan menghadapi bencana.

Menurut Danial selain kesiapan menghadapi bencana, Banser juga harus siap menghadapi perang ideologi yang ingin merusak akidah warga NU. Sekarang disinyalir ada usaha-usaha untuk melemahkan ideologi warga nahdliyin.

Sementara itu Ketua PC GP Ansor Kendal Wahidin Said mengaku pihaknya sudah sering mengirim Banser saat terjadi bencana alam. Saat bencana tanah longsor menerjang Banjarnegara beberapa waktu lalu pihaknya mengirim 40 personel ke lokasi bencana. Selama tiga hari personel Banser bersama elemen lain melakukan pencarian dan evakuasi korban tanah longsor.

“Ke depan kita akan lebih meningkatkan koordinasi dengan instansi lain saat terjadi bencana,” ujar Wahidin. (JN09)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here