Ilustrasi ternak kambingKudus, Jowonews.com – Sejumlah 26 kelompok peternak di Kabupaten Kudus mendapatkan bantuan hibah kambing sebanyak 630 ekor. Setiap kelompok mendapatkan 25 ekor kambing. Penyerahan bantuan kambing secara simbolis dilakukan di halaman parkir Pasar Hewan Kudus, Jumat (2/1) yang dilakukan Bupati Kudus Musthofa beserta jajarannya serta Forkompinda.

Selain menyerahkan bantuan kambing, Pemkab Kudus juga menyerahkan bantuan bibit ikan nila sebanyak 1 kuintal terhadap dua kelompok budi daya ikan. “Kelompok peternak juga mendapatkan bantuan kandang dan pakan,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Kudus Ludful Hakim di Kudus di sela-sela acara penyerahan bantuan kambing di Pasar Hewan Kudus, Jumat (2/1).

Ia berharap, mereka bersungguh-sungguh dalam memelihara bantuan tersebut karena nantinya akan dilakukan monitoring di masing-masing kelompok peternak. Bupati Kudus Musthofa mengingatkan kepada penerima bantuan ternak dan ikan agar berhati-hati karena ketika ada yang sengaja menyelewengkan bantuan tersebut tentu Kejaksaan Negeri dipersilakan menyelidikinya.

“Bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat dengan mendorong pengembangan usaha ternak dan budi daya ikan,” ujarnya.

Apalagi, penerima bantuan ternak dari Dinsosnakertrans Kudus merupakan warga binaan yang mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK). Anggaran hibah ternak dan ikan tersebut khususnya sarana usaha kejuruan bibit kambing dianggarkan sekitar Rp1,365 miliar, sedangkan hibah bahan baku bangunan budi daya ikan dan ternak kambing sekitar Rp237,57 juta. (JN04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here