PKL di Salatiga ditertibkan Satpol PP
PKL di Salatiga ditertibkan Satpol PP
PKL di Salatiga ditertibkan Satpol PP
PKL di Salatiga ditertibkan Satpol PP

SALATIGA, Jowonews.com – Mendapat tambahan personil 90 orang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) langsung unjuk kekuatan. Mereka mengadakan penertiban pedagang di Pasar Raya I Salatiga, Jumat (2/1).

Penertiban ini difokuskan kepada pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di bahu jalan.

Kepala Satpol PP Kusumo Aji mengatakan, pihaknya selaku aparat penegak peraturan daerah (Perda) akan melakukan penertiban PKL rutin. Yaitu dengan mencoba mengoptimalkan kerja, baik terhadap keberadaan PKL, ijin IMB, HO, serta operasionalisasi becak dan dokar.

“Ini hari pertama petugas Satpol PP bekerja. Penertiban untuk sementara ini berfokus pada penertiban PKL yang menutup jalan. Di jalan masuk pasar sampai pasar Blauran, kita siagakan petugas yang berfungsi untuk pengaturan kendaraan yang melintas di jalan pasar,” katanya.

Aji menambahkan, petugas juga sudah mulai berencana menertibkan PKL yang berjualan di bahu jalan Taman Makam Pahlawan. Aji mengharap jalan makam pahlawan harus bebas kawasan PKL. Karena oleh pemerintah daerah, para PKL sudah diberikan tempat. Tapi mereka lebih memilih di bahu jalan.

“Kalau tidak segera ditertibkan, ditakutkan akan semakin menjamur dan sulit untuk dikendalikan. Maka petugas Satpol PP melakukan penertiban sejak dini, agar tidak datang PKL lain yang memenuhi Taman Makam Pahlawan,” jelasnya.

Mengenai tindakan bagi PKL yang membandel, Aji menyatakan akan mengedepankan persuasif dengan memberikan pembinaan. Jika masih sulit, akan dikenakan peraturan Perda yaitu tindak pidana ringan.

Berdasarkan pengamatan wartawan di lapangan, masih banyak pedagang kaki lima yang menjual barangnya di bahu jalan. Namun mereka kucing  kucingan dengan petugas. Ketika diperingatkan petugas, mereka beramai – ramai menutup dagangan mereka, tapi ketika petugas pergi mereka kembali buka.

Kondisi jalan pasar masih semrawut. Beberapa motor saling tabrak karena padat merayap. Ditambah kondisi setelah hujan, kondisi jalan becek dan bau.(JN01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here