Tanggul Wulan Demak Jebol. (Foto : JN01)
Tanggul Wulan Demak Jebol. (Foto : JN01)
Tanggul Wulan Demak Jebol. (Foto : JN01)
Tanggul Wulan Demak Jebol. (Foto : JN01)

DEMAK, Jowonews.com-Tanggul Sungai Wulan, tepatnya yang berada di wilayah Desa Gempolsongo, Kecamatan Mijen kembali mengalami longsor hebat. Padahal, tanggul ini sebelumnya telah diperbaiki PSDA Jateng. Titik tanggul yang longsor berada disebelah kiri Sungai Wulan tersebut bila tidak segera ditangani bisa memicu banjir besar di Demak.

 
Sebab, panjang longsor tanggul sudah mencapai 50 meter serta kedalaman tanah tanggul yang ambles mencapai 2 meter. Meski tepi tanggul yang berbatasan dengan jalan raya telah ditalud beton, namun kondisi tersebut tetap membahayakan. Ini karena sisa ketebalan tanggul tinggal 1 meter.
 
Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak, Anjar Gunadi melalui Kasi Kedaruratan, Suprapto mengungkapkan, bila tanggul Sungai Wulan itu tidak segera ditangani PSDA, maka banjir mengancam wilayah Demak. “Ini karena yang longsor sebelah kiri,”katanya, Sabtu (3/1).
 
Menurutnya, tanggul mudah longsor lantaran bibir sungai tidak diberikan penahan. Yang diberikan penahan hanya sebelah jalan raya saja. Akibatnya, tanggul sungai itu mudah tergerus aliran air sungai serta hujan deras yang turun dalam beberapa hari terakhir. Menurutnya, timbunan tanah yang dijadikan tanggul tersebut dinilai kurang padat sehingga ketika terkena air hujan mudah longsor.
 
Bahkan, peninggian tanggul sebelumnya juga telah ditimbun banyak karung berisi tanah. Namun, karena longsor, karung-karung tersebut ikut amblas. Bila jebol, maka air sungai bisa menenggelamkan desa disekitarnya, termasuk Desa Pasir, Ngelo, Bakung dan bablas sampai kearah Demak bagian barat. “Mudah-mudahan bisa ditangani secepatnya agar kita tidak was-was lagi,”ungkap Suprapto. (JN01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here