Ilustrasi HIV AIDS (Foto : IST)
Ilustrasi HIV AIDS (Foto : IST)
Ilustrasi HIV AIDS (Foto : IST)
Ilustrasi HIV AIDS (Foto : IST)

Pemalang, Jowonews.com – Tren penularan infeksi HIV AIDS di Kabupaten Pemalang yang mengalami kenaikan, terutama pada kalangan ibu rumah tangga. Minimnya informasi terkait hal itu menjadi salah satu faktor penyebab mudahnya ibu rumah tangga terjangkit.

Hal tersebut diangkat dalam seminar Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi Perempuan, Ahad (4/1/2015) di Aula SLBN Pemalang.

Pembicara dari LSM Kawan, Isyti’aroh, M.kep, Ns, SP. Kep.Mat, mengatakan berkaitan penyakit pada reproduksi perempuan secara umum kanker servik menduduki peringkat pertama penyebab kematian di Indonesia.  Angka HIV AIDS, lanjutnya, di Pemalang juga mengalami tren peningkatan.

”Tidak diduga , ternyata yang terinfeksi banyak dari kalangan ibu rumah tangga yang notabene tidak tahu apa itu infeksi menular pada organ reproduksi. Saya ingin menitik tekankan bahwa upaya pencegahan menjadi penting, agar problem tersebut tidak menimpa kita,” jelas aktivis yang bergerak pada pencegahan HIV AIDS ini.

Isyti’aroh menegaskan pencegahan utama yakni dengan pola hidup sehat dan selalu setia pada pasangan.

“Pencegahan utama dengan pola hidup sehat. infeksi menular seksual banyak cara penularan seperti hubungan seksual maka masing-masing pasangan harus  setia pada pasangannnya,” tegasnya.

Agenda penyuluhan ini digelar Bidang Perempuan DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Pemalang. Dalam kesempatan tersebut turut hadir Ketua Bidang Perempuan DPD Pemalang dan aktivis perempuan dan anak Jateng, Dyah Woro Haswini. (JN03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here