FIkri meninjau daerah rawan bencana di Tegal. (Foto : JN03/Dok.Jowonews)
FIkri meninjau daerah rawan bencana di Tegal. (Foto : JN03/Dok.Jowonews)

Tegal, Jowonews.com– Anggota DPR RI, Drs Abdul Fikri, MM setelah meninjau sejumlah titik bencana di berbagai daerah di Jawa Tengah mendesak pemerintah baik daerah maupun pusat untuk secepatnya mengantisipasi dan menanggulangi bencana di Indonesia.

Fikri saat ditemui bersama tim BPBD Kabupaten Tegal sedang memberikan sosialisasi beserta memberikan bantuan untuk korban banjir di desa Sidaharja Kecamatan Suradadi Tegal. “Kita tentu tidak ingin peristiwa bencana alam yang menelan banyak nyawa seperti yang terjadi di Banjarnegara terjadi juga di Kabupaten Tegal”, papar Fikri di hadapan warga dan perangkat desa.

Banjir yang melanda Desa Sidaharja telah terjadi berulang-ulang setiap tahunnya, kali ini hari Jumat malam (02/01/2015) lebih dari 5 RT terendam banjir dengan kedalaman rata-rata 1 meter. Fikri berharap di setiap Kabupaten/Kota serius memikirkan perencanaan tata kelola sungai dan riset daerah-daerah  rawan longsor yang terjadi di kawasan tinggi di Kabupaten Tegal.

“Setiap daerah yang rawan bencana alam, Pemerintah Kabupaten/Kota harus memiliki kajian strategis untuk mencari solusi atas permasalahan bencana yang ada”, ujar Fikri yang sekarang menjadi anggota Komisi 8 DPR RI itu saat ditemui di desa Sidaharja, Senin (05/01/2015).

Fikri berharap sistem perencanaan pembangunan nasional sendiri ada alokasi anggaran yang đisediakan untuk mengantisipasi dan menanggulangi bencana yang jumlahnya cukup memadai. Alokasi dana tersebut diklasifikasikan sesuai tahapannya, “Mulai dari tahap Prabencana kemudian dilanjutkan tahap Tanggap Darurat dan yang terakhir Pasca Bencana. Jangan sampai dana yang digelontorkan hanya untuk penanggulangan Pasca Bencana saja.” Tukasnya.

Mashadi Zaini Ketua BPD Kecamatan Suradadi mengatakan, “banjir yang sering dialami warga Sidaharja disinyalir karena pendangkalan sungai, kami berharap Pemerintah atau DPR Kabupaten/Provinsi ataupun Pusat segera menganggarkan normalisasi sungai Cacaban yang melewati desa kami,”kata Zaini. (JN03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here