Lionel Messi. (Foto : IST)
Lionel Messi. (Foto : IST)
Lionel Messi. (Foto : IST)
Lionel Messi. (Foto : IST)

Jowonews.com – Studi tentang harga jual pemain yang dilakukan oleh International Centre for Sports Studies (CIES) menunjukkan bahwa Lionel Messi saat ini berharga 87 juta Euro (68 Juta Pounds) lebih mahal ketimbang Cristiano Ronaldo.

CIES sebelumnya tengah melakukan studi tentang harga jual para pemain bintang di seluruh dunia, terutama di Eropa. Mereka lantas merilis nama 120 pemain dalam daftar tersebut. Namun, yang menarik tentu adalah daftar para pemain yang ada di posisi 10 besar.

Penelitian ini menunjukkan bahwa superstar Barcelona, Messi kini menjadi pemain termahal di dunia dengan harga jual sebesar 220 juta Euro (172 juta Pounds). Sementara itu, superstar Real Madrid, Ronaldo berada tepat di bawahnya dengan harga jual mencapai 133 juta Euro (104 Juta Pounds).

Nilai ini tak didapatkan oleh CIES dengan sembarangan. Mereka menghitung harga jual tersebut dengan menggunakan algoritma khusus yang memperhitungkan berbagai faktor, antara lain performa pemain, karakteristik masing-masing pemain hingga level kompetisi dan prestasi yang diraih tim yang dibelanya. (JN03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here