Tahun Ini, Gunungkidul Miliki Taman Batu di Ngingrong

  • Whatsapp
Geopark Gunungkidul. (Foto : IST)
Geopark Gunungkidul. (Foto : IST)
Geopark Gunungkidul. (Foto : IST)
Geopark Gunungkidul. (Foto : IST)

GUNUNGKIDUL, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul segera melakukan pengembangan taman batu geopark dengan luas satu hektar senilai Rp 2,8 miliar (US $ 220.000).

Taman batu tersebut digunakan sebagai studi dan pusat informasi tentang geopark dan untuk menarik lebih banyak wisatawan mengunjungi Gunungkidul. Rencananya taman ini akan dibuat di Ngingrong, Kecamatan Mulo, Gunungkidul.

Rencananya, pembangunan akan dimulai pada pertengahan tahun ini dan diharapkan akan selesai pada Desember 2015.

“Taman Batu akan dikembangkan tahun ini dengan dana pembangunan yang berasal dari Kementerian Pariwisata dan pemerintah provinsi. Selain berfungsi sebagai pusat studi, taman ini diharapkan dapat menarik wisatawan lebih dalam dan luar negeri untuk mengunjungi Gunungkidul, “kata Sekretaris Pemerintah Kabupaten Budi Martono di Jakarta, Selasa.

Terpisah, Kabid Pengembangan Produk Wisata Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar)  Hari Sukmono mengatakan bahwa taman akan berisi berbagai macam batu dari kabupaten dan daerah lain. “Kami juga akan mengambil berbagai jenis batu-batu dari Pacitan untuk memperkaya koleksi taman itu,” katanya.

Hari juga menyampaikan bahwa tim ahli masih mempelajari berbagai macam batu untuk ditempatkan di taman dan berbagai jenis batu-batu dari Gunung Sewu di Jawa Timur akan dimasukkan ke dalam taman tersebut. (JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *