Musibah Longsor di Banjarnegara. (Foto : JN03)
Musibah Longsor di Banjarnegara. (Foto : JN03)
Musibah Longsor di Banjarnegara. (Foto : JN03)
Musibah Longsor di Banjarnegara. (Foto : JN03)

BREBES, Jowonews.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, A Fikri Faqih menyampaikan bahwa bencana alam yang masih terus terjadi di berbagai daerah di Indonesia adalah tanggungjawab bersama, antara pemerintah dan masyarakat. Untuk itu, Fikri berharap semua pihak, terutama pemerintah dapat merumuskan kebijakan terkait kewaspadaan dan tanggap bencana.

Hal itu disampaikan Fikri saat menggelar reses masa sidang DPR di desa banjaran kecamatan Salem Kabupaten Brebes, baru – baru ini. Fikri sendiri masuk dalam komisi VIII di DPR RI yang membidangi masalah sosial, keagamaan dan pemberdayaan perempuan termasuk mengurusi bencana alam.

“Terkait dengan masalah bantuan untuk bencana alam kepala desa harus pro aktif melaporkan kejadian bencana di daerahnya kepada lembaga yang terkait seperti BPBD atau BNPB,” tandasnya, dalam keterangan pers yang diterima Jowonews, Kamis (8/1/2015).

Selain itu, imbuh Fikri,  pemerintah daerah juga harus tanggap terhadap rawan bencana baik sebelum, saa terjadi maupun pasca terjadinya bencana, “Harus dirumuskan kebijakan dari sekarang dalam hal tanggap bencana, agar penanganannya optimal,” terang Fikri. “jangan menunggu bencana sudah terjadi baru ribut penanganan bencana,” imbuhnya.

Dalam kesempatan reses kali ini, Fikri yang juga ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jateng ini didampingi Aleg DPRD Provinsi, Rusman dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here