Entaskan Pengangguran, Dilatih di BLK

  • Whatsapp
BLK Kendal. (JN09)
BLK Kendal. (JN09)
BLK Kendal. (JN09)
BLK Kendal. (JN09)

Kendal, Jowonews.com – Warga Kendal yang masih menganggur dan tidak punya keahlian tidak perlu khawatir. Balai Latihan Kerja (BLK) yang terletak di jalur pantura Jenarsari, Gemuh siap melatih warga hingga siap kerja. Di lembaga dibawah naungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini menyediakan aneka pelatihan yang bisa dipakai untuk bekerja atau membuka lapangan kerja sendiri.

Kepala UPTD BLK Sinung S mengaku lembaga yang dipimpinnya selalu membuka pelatihan bagi warga yang ingin mendapatkan keterampilan. Aneka pelatihan yang selama ini digelar antara lain las, sablon, tata boga, bengkel motor, jahit, dan tata rias.

Bacaan Lainnya

“Mereka yang lulus dari sini ada yang kerja di pabrik tapi banyak juga yang membuka usaha sendiri,” ujar Sinung.
Sinung mengaku berdirinya BLK itu sangat membantu warga yang ingin bekerja. Pihaknya selalu membuka kelas baru sesuai dengan peminat. Yang paling diminati kata Sinung pelatihan jahit, bengkel dan tata rias. Pelatihan jahit cukup diminati karena banyak perusahaan garmen yang membutuhkan tenaga kerja dalam jumlah besar.

Bahkan pihaknya terkadang tidak mampu melayani permintaan perusahaan dalam skala besar. Sebab alumni yang dihasilkan jumlahnya hanya mencapai puluhan. “Padahal yang mereka butuhkan mencapai ribuan,” ujar Sinung.

Lebih lanjut Sinung mengungkapkan untuk menyosialisasikan keberadaan BLK pihaknya menggandeng berbagai pihak seperti pemerintah desa dan lembaga pendidikan. Sosialisasi yang selama ini digelar untuk lebih mengenalkan keberadaan BLK sehingga makin banyak warga yang bisa mengikuti pelatihan di BLK. (JN09)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *