Pasar Bandar Diresmikan. (Foto : IST)
Pasar Bandar Diresmikan. (Foto : IST)
Pasar Bandar Diresmikan. (Foto : IST)
Pasar Bandar Diresmikan. (Foto : IST)

BATANG, Jowonews.com– Pasar tradisional Bandar, Kabupaten Batang yang terbakar pada 11 Agustus 2012 lalu, resmi dioperasikan kembali sejak Kamis (15/1). Meski demikian, proses revitalisasi akan terus berlangsung hingga 2016 mendatang.
 
Kepala Dinas Perindustrian, Perdaganagan dn Koperasi Kabupaten Batang Djamal Abdul Naser mengatakan program revitalisasi pasar bandar pada 2012 lalu dibiayai oleh Anggaran APBD tahun 2014 dengan total Rp 3, 711 miliar.

Diperuntukkan untuk renovasi rehab berat pada los blok A dan drainase. Sedangkan untuk renovasi blok B dan C menggunakan anggaran dari APBN tahun 2013 sebanyak Rp 943 Juta.

“Tidak hanya apbd 2014 saja, namun sebagian dari APBN tahun 2013,” katanya.
 
Ia menambahkan bahwa revitalisasi pasar tersebut belum selesai 100 persen. Sebab pembangunan los di blok A sebelah timur belum terselesaikan. Selain itu penataan rencana penataan pedagang kaki lima yang akan dilokasikan di lapangan Ampera Bandar.

“Untuk program pembangunan lanjutan akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2016”, kata Jamal.
 
Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo mengatakan dengan berdirinya kembali pasar bandar diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. Selain itu kenyamanan dalam bertransaksi bisa tercipta, dengan tetap menjaga kebersihan lokasi pasar.

Ia ia juga berharap terkait proses renovasi yang belum 100 persen terselesaikan tersebut tidak mengganggu transaksi antar pedagang dan pembeli d pasar. Karena penyelesaian tersebut akan berlangsung hingga 2016 nanti.
 
“Karena renovasi pasar belum semuanya selesai sehingga di tahun 2015 sampai dengan 2016 masih akan ada pekerjaan renovasi pasar. Kami harapkan pengurus pasar dan paguyuban pedagang pasar untuk melakukan study banding ke Pasar Banyuputih yang telah berhasil merenovasi pasar dengan bagus sesuai dengan zonasi,” tandasnya.(JN01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here