Parkir di Kudus. (Foto : IST)
Parkir di Kudus. (Foto : IST)
Parkir di Kudus. (Foto : IST)
Parkir di Kudus. (Foto : IST)

Kudus, Jowonews.com – Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kudus menyiapkan dua tim untuk memaksimalkan pendapatan dari retribusi parkir. Karena memang selama ini retribusi parkir belum maksimal walaupun target retribusi parker pada 2014 sudah mencapai 97 persen.

Kepala Dishubkominfo Kudus Didik Sugiharto mengatakan, optimalisai retribusi parkir tepi jalan umum memang sudah menajdi fokus pihaknya tahun ini. Tim juga telah dibentuk untuk memantauretribusi parkir di beberapa titik di Kabupaten Kudus. ”Kita ingin tahun ini retribusi parkir bisa naik,” katanya.

Dua tim yang dibentuk, setiap tim berisi lima orang yang nantinya dibagi wilayah pemantauannya. Karena selama ini pendapatan parkir sebenarnya cukup banyak, sehingga agar perlu dilakukan pembenahan.

Dia menambahkan, selama ini yang terjadi justru pihaknya yang seakan-akan diberikan upah pungut parkir, karena yang didapat pihaknya justru sangat kecil. ”Seharusnya kita yang memberikan pemungut parkir upah pungut,ini malah kebalik,kita benahi,” terangnya.

Selama ini, yang diberikan kepada pihaknya disinyalir tidak sampai 30 persen dari hasil setiap hari dari retribusi parkir tepi jalan umum. Dia mencontohkan,satu lokasi parkir sehari mampu mendapatkan Rp 70 ribu hingga 80 ribu, namun setoran ke Dishubkominfo Kudus sehari hanya 120 per bulan, artinya sehari hanya Rp 3.000.

Tim yang dibentuk, nantinya akan memantau satu lokasi parkir sehari mendapatkan berapa rupiah dari parkir. Agar bisa jelas berapa yang sebenarnya didapat, sehingga nantinya bisa ditentukan berapa upah pungut yang harus diberikan kepada pemungut retribusi parkir.

Untuk tahun ini,retribusi parkir akan ditarget sebesar Rp 1,2 miliar, target ini naik cukup besar dibanding tahun sebelumnya Rp 800 juta. Untuk target 2014 saja tidak sampai 100 persen, masih 97 persen.

Sementara itu, Anggota Komisi C DPRD Kudus, Sunarto mengatakan, pihaknya mengudnang Dishubkominfo Kudus terkait retribusi parkir yang memang perlu dioptimalkan. Karena merupakan salah satu penyumbang pendapatan asli daerah (PAD). ”Kita perlu optimalkan PAD dari berbagai sektor,” ujarnya.   

Diapun mengusulkan agar semua yang terkait parkir harus diserahkan kepada Dishubkominfo Kudus, termasuk parkir pasar. Tujuannya agar semua parkir bisa dikelola lebih maksimal.

Selain itu, penitipan sepeda motor bisa juga dikenakan retribusi, ketika semua dikelola Dishubkominfo, penataan akan lebih baik. Jangan sampai terlihat lagi parkir sembarang dan akhirnya mengaggnggu lalu lintas. (JN04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here