Perlintasan KA di Daop IV Semarang
Perlintasan KA di Daop IV Semarang
Perlintasan KA di Daop IV Semarang
Perlintasan KA di Daop IV Semarang

Semarang, Jowonews.com – Perlintasan kereta api di sering menjadi salah satu target tindak kriminal. Selama kurun waktu 2014 yg lalu, PT KAI Daop 4 semarang mencatat sebanyak 7 kasus pencurian terjadi disepanjang jalur wilayah Daop 4.

Menurut Humas PT KAI Daop 4 wilayah Semarang Suprapto, meski tergolong kecil, namun pencurian ini dampkanya besar, yakni membahayakan pengguna kereta api.

“Ini karena barang – barang yang biasa dicuri  berupa batangan rel, bantalan besi dan bagian gerbong” Kata Suprapto, di Semarang melalui rilis yang diterima Jowonews.com, Kamis (15/01).

Suprapto mengatakan jika pihaknya menduga masyarakat disekitar perlintasan menjadi penyebab hilangnya barang-barang tersebut.

Dari tujuh kasus tersebut, lima kasus diantaranya dapat digagalkan oleh petugas PT KAI sendiri. Salah satunya pencurian yang terjadi di wilayah operasi stasiun Cepu,Blora. Peristiwa  ini terjadi tepatnya pada tanggal 6 Januari 2014 lalu waktu dini hari. Para petugas yang terdiri dari 5 orang berhasil menggagalkan pencurian.   

“Mereka yang menangkap terdiri dari 1 orang pembina yakni Irwan Siswantoro, 2 orang polsus yakni Kaweco Teguh dan Surya Jaya dan 2 orang satpam mereka adalah Nuryadi dan Bayu Setiaji” jelas Suprapto.

Dikatakan Suprapto, kronologis kejadian bahwa kelima petugas melihat sekelompok orang yg mencurigakan berjumlah 5 orang berkumpul disekitar tempat penyimpanan batangan rel dan gerbong bekas. Ketika para pencuri tsb akan beraksi, petugas keamanan Babin (bantuan binaan)  menembakan tembakan peringatan sambil berteriak berhenti, lalu diamankanlah 3 orang pelaku, sementara 2 orang berhasil melarikan diri.

“Dari tas mereka ditemukan satu buah KBM Carry no pol K 3051 AE warna biru yang bermuatan 18 buah bekas bantalan rel kereta api dan 1 unit sepeda motir honda beat tanpa plat nomor” terang Suprapto lebih lanjut.

Atas jasa kelima petugas ini, PT KAI memberikan penghargaan atas upaya yang mereka lakukan. Pemberian penghargaan ini patut dilakukan sebab yang dilakukan para petugas ini sama saja dengan menyelamatkan nyawa orang banyak.

“Atas jasa mereka, kemarin pada hari Selasa (13/01) kami berikan penghargaan kepada para petugas, yang langsung diberikan dari jajaran kantor operasi PT KAI Daop 4 Semarang” tutur Suprapto.

Ia pun berharap dengan penghargaan ini dapat memicu kinerja karyawan PT KAI yang lain untuk bersungguh-sungguh dalam melindungi fasilitas publik. (JN12)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here