Penolakan Tak Digubris, Waduk Logung Tetap Dibangun

  • Whatsapp
Waduk Logung Kudus. (Foto : IST)
Waduk Logung Kudus. (Foto : IST)
Waduk Logung Kudus. (Foto : IST)
Waduk Logung Kudus. (Foto : IST)

Kudus, Jowonews.com – Penolakan warga terkait rencana pembebasan lahan untuk pembangunan waduk logung ternyata tidak mampu menunda proses pembangunannya, mengingat aktivitas pekerja di daerah yang akan dijadikan bendungan mulai terlihat.

Akses jalan menuju proyek bendungan juga mulai dipersiapkan sehingga kendaraan besar juga mudah melewati jalan tersebut guna mendukung sejumlah aktivitas proyek pembangunannya. Tampak buldoser, escavator, jogjig dan perata tanah dioperasikan untuk memulai aktivitas pembangunan waduk.
Anggota tim persiapan proyek pembangunan Waduk Logung dari PT Wijaya Karya (WIKA) Untung Tri Uripto mengungkapkan, kegiatan proyek yang sedang berjalan baru mulai tahap pengukuran calon lahan untuk waduk.
Selain itu, dibuatkan pula akses jalan untuk memudahkan sejumlah aktivitas pekerja termasuk kendaraan yang hendak dipergunakan hingga ke lokasi paling dalam sekalipun.
Proses pembangunan fisiknya, kata dia, tidak hanya berlangsung selama setahun, melainkan direncanakan hingga empat tahun ke depan.
Koordinator Lapangan Badan Pengairan Wilayah Sungai (BPWS) Pemali Juwana Budi Prsetyo mengungkapkan, agenda tahun 2015 baru tahap pengukuran tahun serta pembuatan akses jalan masuk. “Fasilitas pendukung juga perlu disiapkan, termasuk pembuatan terowongan pengalih arus air,” ujarnya, Jumat (16/1/2015).
Langkah beriktunya, yakni pembersihan lahan dari aneka tanaman dan pepohonan.
Untuk menghilangkan humus juga akan dilakukan pengerukan tanah hingga kedalaman empat meteran.
     
Rencana kegiatan pada tahun 2016 nanti, dimulai dari pembuatan “spillway” serta bendungan utama. (JN04)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *