Mobdin dinas di pemprov Jateng yang diberi plat nomor hitam
Mobdin dinas di pemprov Jateng yang diberi plat nomor hitam
Mobdin dinas di pemprov Jateng yang diberi plat nomor hitam

Semarang, Jowonews.com – Keberadaan mobil dinas (mobdin) yang diganti plat hitam sempat menjadi pertanyaan publik. Menanggapi hal itu Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng menyatakan pihaknya memang mengeluarkan plat hitam bernomor khusus untuk beberapa mobil dinas (mobdin). Meski demikian, pihak Ditlantas tetap akan memberikan sanksi bagi pejabat “nakal”.

Direktur Lalu Lintas Polda Jateng, Kombes Pol Istu Hari, mengatakan beberapa mobdin memang mempunyai dua plat nomor. Hal itu digunakan oleh pejabat-pejabat tertentu untuk plat nomor rahasia (plat hitam). Misalnya Ketua DPR, Kajari, atau pejabat lain yang direkomendasikan oleh instansi terkait. “Memang dikeluarkan oleh Polda. Tapi setelah ada rekomendasi dari instansi, Propam, dan Intel,” katanya saat dikonfirmasi wartawan.

Dikatakannya, mengenai rekomendasi yang dimaksud juga berkaitan dengan tugas serta track record dari pejabat yang bersangkutan. Rekomendasi tersebut untuk mencegah adanya penyalahgunaan oknum. Namun pihaknya tidak memungkiri adanya pejabat yang pasang sendiri. “Ada juga yang pasang sendiri. Intel juga terus bergerak jika saja ada yang menyalahgunakan itu,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dikeluarkannya plat nomor khusus tersebut juga disertai Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) khusus. Untuk nomor pada plat nomor khusus tersebut berbeda dengan nomor pada plat merah. “Nomornya beda sama nomor plat merahnya. Nomor yang diminta kami cek dulu, kalau belum terpakai maka dibolehkan. Boleh untuk nomor plat merah dan hitamnya sama,” lanjut Istu Hari.

Disinggung terkait sanksi jika ada penyalahgunaan, pihaknya menegaskan tetap akan memberikan sanksi. Sanksi tersebut berupa tilang. “Kalau kemudian ditemui penyalahgunaan, sanksi tilang akan dikenakan kalau tidak dapat menunjukkan STNK Khusus atau pengantar dari Polda. Jadi ada pengecekan dulu dari anggota terkait surat-surat itu,” pungkasnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu terlihat beberapa mobdin di Pemprov Jateng telah diganti plat nomornya. Dari plat nomor warna merah menjadi plat nomor berwarna hitam. Bahkan mobdin tersebut tetap memasang plat nomor hitam saat digunakan dinas di Pemprov.(JN01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here