Tuan rumah PIMNAS di Unhalu
Tuan rumah PIMNAS di Unhalu
Tuan rumah PIMNAS di Unhalu
Tuan rumah PIMNAS di Unhalu

Semarang, Jowonews.com— Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) adalah program dimana mahasiswa berkarya dan mendedikasikan ilmunya untuk kemajuan bangsa. Kamis, 15 Januari 2015. Dikti secara resmi mengumumkan hasil evaluasi program kreativitas mahasiswa 5 bidang untuk pendanaan tahun anggaran 2015. berbagai universitas saling berlomba untuk menunjukkan kampus mana yang paling unggul dalam berkarya.

Tahun ini kampus-kampus jawa mendominasi 10 besar kampus terbanyak PKM yang didanai Dikti. Universitas Brawijaya menempati posisi pertama, di susul Institut Teknologi Sepuluh November. Peringkat ketiga ada pemenang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun lalu, Universitas Gajah Mada. Universitas Diponegoro, tuan rumah PIMNAS tahun lalu berada di posisi ke 4 nasional.
Universitas Brawijaya mengantarkan 469 karya PKM didanai dikti tahun 2015. 78 Program Karsa Cipta, 121 PKM kewirausahaan, 196 PKM Penelitian Eksakta maupun Sosial Humaniora, 26 PKM Penerapan Teknologi, dan 48 PKM Pengabdian Masyarakat.
5 bidang yang di ajukan diantaranya adalah PKM Karsa Cipta, program dimana mahasiswa di tantang untuk membuat sebuah karya baru, orisinal dari ide dan inovasi mahasiswa. PKM Penelitian adalah program kreatifitas dimana mahasiswa menguji dan meneliti sebuah kasus eksakta maupun humaniora. PKM Kewirausahaan adalah program dimana mahasiswa di berikan modal untuk dikembangkan sehingga mahasiswa mampu untuk mendirikan usaha kecil secara mandiri.
Program yang nantinya akan mengantarkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi kedalam ajang bergengsi bagi peneliti-peneliti muda, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ini adalah program tahunan dari dikti untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memadukan teori kuliah dengan realita kebutuhan masyarakat. (Aha/JN13)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here