Turun Peringkat UI Greenmatic, Unnes Tak Lagi Kampus Konservasi

  • Whatsapp
Gelombang Protes penebangan pohon di Unnes
Gelombang Protes penebangan pohon di Unnes
Gelombang Protes penebangan pohon di Unnes

Semarang, Jowonews.com– Release hasil UI GreenMatric World University Ranking menunjukkan Universitas Negeri Semarang menempati posisi ke 73 untuk tahun 2014 lalu. Hasil ini diumumkan melalui Situs resmi UI Green Matric 16 Januari 2015.

Peringkat unnes mengalami penurunan rangking, tahun 2013 lalu unnes berada pada Posisi ke 48 kampus hijau sedangkan untuk tahun 2014 unnes turun jauh ke posisi 73. Dilihat dari kategori yang dinilai, tahun 2014 pengelolaan infrastruktur memperoleh nilai 766 sedangkan di tahun 2013 pengelolaan infratsruktur memperoleh nilai 825.
UI GreenMetric World University Ranking adalah gagasan Universitas Indonesia untuk pemeringkatan Perguruan tinggi di dunia berdasarkan pengelolaan lingkungan hidup kampus.
“Pemeringkatan tersebut dilakukan berdasarkan beberapa indikator seperti statistik kehijauan kampus, pengelolaan sampah, energi dan perubahan iklim, penggunaan air, transportasi, dan pendidikan,” kata Prof Dr Muhammad Anis .
Rektor UI itu menambahkan UI GreenMetric Ranking merupakan pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen pada pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan, pendidikan, dan penelitian lingkungan dan keberlanjutan.
“UI GreenMetric berhasil menarik perhatian institusi dan berbagai perguruan tinggi di negara lain. Bahkan, UI Greenmetric 2014 diakui sebagai salah satu indikator mutu perguruan tinggi dunia.” kata ketua UI GreenMetric Prof. Riri Fitri Sari.
UI GreenMetric 2014 memberikan penghargaan tertinggi kepada University of Nottingham, Inggris sebagai kampus hijau terbaik di dunia. University College Cork National University of Ireland menyusul di peringkat kedua dan Nottingham Trent University di peringkat ketiga. (JN13)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *