Tepi Sungai Comal Terkikis, Butuh Penanganan Cepat

  • Whatsapp
Sungai
Sungai
Sungai Comal Pemalang
Sungai Comal Pemalang

COMAL, Jowonews.com –  Tebing atau tepi Sungai Comal di bagian timur di dekat Jembatan Comal yang baru selesai dikerjakan bulan Desember lalu,kondisinya sangat memprihatinkan. Saat ini, tepi Sungai Comal yang merupakan penahan dan sebagai pembatas antara sungai dan daratan itu terkikis hingga cukup panjang.

Tepi sungai yang berada di Dusun Serdadi Kelurahan Purwoharjo itu kondisinya semakin terkikis dan
longsor akibat gerusan arus sungai dan air yang berada di atas daratan yang turun ke bawah melalui tepian akibat hujan.

Bacaan Lainnya

Ketua Karang Taruna Kelurahan Purwoharjo, Erwin Ediyanto mengatakan, kondisi longsor dan terkikisnya tepi Sungai Comal di bagian timur terjadi sudah cukup lama. Bahkan sebelum Jembatan Comal itu rusak dan diperbaiki. Kerusakan tepi sungai terjadi dari selatan hingga ke utara di sisi sungai sebelah timur. Bahkan yang terparah adalah pada sebelah utara jembatan.

“Kondisi hujan sekarang ini menjadikan tepi itu semakin terkikis dan melebar,” ujarnya, Sabtu (17/01)

Disampaikan oleh Erwin, jika tidak segera dilakukan penanganan, maka dimungkinkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat di sebelah timur tepi sungai itu ada puluhan rumah warga dan juga bangunan masjid.

Menurut Erwin, seyogyanya di sepanjang tepi sungai tersebut hendaknya diberikan penangkal longsor berupa batu-batuan yang dibronjong dengan menggunakan kawat. Sehingga hal itu bisa menekan seminimal mungkin terjadinya musibah longsor akibat terkikisnya tanah di tepi sungai tersebut.

Lurah Purwoharjo, RMS Agus Purnomo menyampaikan, berkaitan dengan longsor yang terjadi di Dusun Serdadi Kelurahan Purwoharjo yaitu di tepi Sungai Comal bagian timur yang sangat memprihatinkan.

Pihaknya mengharap kepada pejabat atau pihak terkait agar segera untuk melakukan upaya penanganan dan penyelesaian secepatnya. Hal tersebut untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan bersama.

“Curah hujan masih cukup tinggi, sehingga jika tidak segera dilakukan penanganan dikhawatirkan akan semakin lebar longsornya,” terang Agus Purnomo.

Disampaikan, bahwa beberapa minggu lalu pasca selesainya pembangunan Jembatan Comal di bagian utara, Gubernur Jawa Tengah, Gandjar Pranowo melakukan kunjungan ke jembatan dengan maksud untuk mengecek langsung. Dan memastikan bahwa jembatan itu benar-benar sudah selesai termasuk pada bagian kanan-kiri dan sekitar lokasi jembatan.

Diantaranya melakukan upaya agar tanah di sekitar tepi sungai tidak menjadi longsor atau terkikis oleh gerusan air sungai maupun hujan.

Gubernur juga mengingatkan, bahwa selesainya jembatan tersebut diharapkan benar-benar dalam kondisi oke dan tidak akan terjadi masalah di kemudian hari.

Namun rupanya hanya terlihat di sisi bagian barat saja yang sudah dibronjong, sedangkan di sisi bagian timur belum.(JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *