Graha Mitra-Puskesmas Beri Pelatihan Tes VCT

  • Whatsapp
test VCT
test VCT
test VCT
test VCT

Kendal, Jowonews.com – LSM Graha Mitra bekerja sama dengan Puskesmas Singorojo I memberikan penyuluhan dan pelatihan penanggulangan HIV-AIDS di Pondok Maos bebengan Boja Kendal, kemarin. 

Para kader diberi pelatihan bagaimana cara melakukan sosialisasi tentang materi HIV dan bagaimana melakukan tes secara sukarela yang biasa disebut VCT (Volounteer Counseling Test).

Bacaan Lainnya

Tujuannya, agar kader bisa mengetahui status kesehatan pasien. Acara pelatihan sekaligus rekrutmen kader HIV menghadirkan pemateri dari Puskesmas Singorojo 1, Dokter Suryo. Suryo, memberi materi dasar pengenalan HIV dan AIDS, dilanjutkan dengan materi Stigma dan Diskriminasi yang diwakili Ika Ayu perwakilan dari LSM Grahamitra, dan materi pelatihan terhadap kader HIV bagaimana cara menjadi Konselor yang baik dan benar, serta cara penanganan jika menghadapi pasien yang dinyatakan positif HIV, dengan pemateri Efa Nugroho, Dosen UNNES Semarang.

Materi terakhir ialah praktek cara melakukan tes VCT kepada masyarakat yang dipraktikkan oleh Tim VCT dari Puskesmas Singorojo 1.

Penanggung jawab acara, Agus Sulistiyo, sebagai Community Organiser dari LSM Grahamitra, dalam kesempatan itu, meminta kerjasama kepada semua lapisan masyarakat, baik pihak layanan ataupun kader masyarakat, untuk berperan aktif dalam menanggulangi perilaku seks bebas dan meminimalisir angka penularan HIV dan AIDS.

“Caranya dengan melakukan pencegahan sejak dini lewat sosialisasi kepada masyarakat,” ujar Agus. (JN09)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *