Awasi Pilkada, Bawaslu Siapkan Anggaran Rp 46 M

  • Whatsapp

pilkadaSEMARANG, Jowonews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah menyatakan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 46 miliar untuk pelaksanaan pengawasan pemilihan kepala daerah (pilkada) di 16 Kabupaten/kota di Jawa Tengah yang rencananya digelar serentak pada akhir 2015 ini.

Anggaran tersebut sudah disiapkan oleh masing-masing pemerintah kabupaten/kota yang akan melaksanakan penyelenggaaraan pemilihan Bupati dan Walikota. “Dari data yang kami inventarisir dari 16 kabupaten/kota yang ada, dana yang telah tersedia sejumlah Rp.46.687.518.500,” ungkap Koordinator Divisi Pengawasan dan Humas Bawaslu Jateng Teguh Purnomo, Kamis (29/1/2015).

Bacaan Lainnya

Teguh menjelaskan, dana yang tersedia tersebut dinilai  belum sepenuhnya mencukupi. Sebab, masih ada beberapa pemerintah daerah yang saat melakukan penganggaran  masih terjadi polemik mekanisme pemilihan. Yaitu antara pemilihan langsung  atau melalui DPRD setempat. “Ada juga wacana terkait pengawas yang keberadaannya di tiap-tiap TPS. Ini merupakaan hal yang baru,” imbuhnya.

Ditambahkan, apabila  dilihat secara proporsional,  anggaran yang disediakan dengan jumlah penduduk atau desa yang ada masih belum seimbang. Diketahui ada dua  kabupaten yang masih sangat kecil penyediaan anggarannya, yakni Kabupaten Rembang dan Blora.

Di Rembang terdapat 294 desa dengan anggaran baru Rp1 miliar. Sedangkan di Kabupaten Blora dengan terdapat 295 desa, dengan anggaran Rp1,5 milyar. Sedangkan daerah yang sudah cukup besar menyediakan anggaran antara lain Kabupaten Purworejo sebanyak Rp 6,2 miliar dan Kabupaten Klaten Rp4,5 miliar.

“Terkait dengan belum tercukupinya anggaran di beberapa kabupaten kota, Bawaslu Jateng merencanakan akan mengkomunikasikan kembali pada pimpinan daerah, baik itu DPRD nya maaupun Bupati ataau Walikotanya dalam waktu dekat,” jelas Teguh.

Terkait pelantikan Panwas Kabupaten/Kota terpilih, Teguh mengaku dari hasil konsultasi di Bawaslu RI masih harus menunggu tahapan disahkan dalam Peraturan KPU RI. Bawaslu Jateng sendiri telah menyiapkan 48 calon anggota Panwaslu Kabupaten/Kota terpilih yang siap dilantik.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Jateng Joko Purnomo juga menyatakan masih menunggu revisi undang-undang Pilkada yang rencananya diputuskan 18 Februari mendatang. Jika tidak ada revisi yang krusial, maka KPU akan menjalankan Pilkada sesuai dengan tahapan yang sudah disekenariokan sebelumnya.

“Oleh karena itu, koordinasi dengan  KPU kabupaten/kota kami harapkan tetap sesuai dengan efisiensi pelaksanaan tahapan dan anggaran,” terangnya.

Seperti diketahui, daerah yang akan melaksanakan Pilkada 2015 adalah Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Purbalingga, Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, Kota Pekalongan, Kabupaten Blora, Kabupaten Kendal, Kota Magelang, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Klaten. (JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *