BLK Dinilai Mampu Kurangi Angka Pengangguran di Kendal

  • Whatsapp
BLK Kendal. (Foto : JN09)
BLK Kendal. (Foto : JN09)
BLK Kendal. (Foto : JN09)
BLK Kendal. (Foto : JN09)

Kendal, Jowonews.com –  Keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK) milik pemkab dinilai mampu mengurangi angka pengangguran. Pasalnya sudah banyak alumni BLK yang sudah mendapatkan pekerjaan atau membuka lapangan pekerjaan sendiri.

Di BLK yang berada di bawah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini digelar pelatihan keterampilan yang bervariasi. Namun pelatihan bordir dan tata rias paling banyak peminatnya di balai latihan kerja (BLK) yang terletak di jalur pantura Desa Jenarsari, Kecamatan Gemuh ini.
“Memang bordir dan tata rias paling banyak peminatnya disusul jahit menjahit,” ujar Kepala UPT BLK Sinung SP, Sabtu (31/1/2015).
Menurut Sinung, tiap tahun pihaknya selalu menggelar pelatihan minimal dua kali. Tahun ini pihaknya akan menggelar pelatihan yang meliputi banyak bidang seperti jahit, bordir, tata rias, perbengkelan, montir, dan las.
Pihaknya sudah mengirimkan pemberitahuan kepada semua kades agar mendaftarkan warganya untuk dilatih keterampilan di BLK milik pemkab. Dengan mengikuti pelatihan warga banyak yang sudah mendapatkan pekerjaan atau membuka lapangan pekerjaan sendiri usai lulus.
“Secara otomatis ini akan mengurangi angka pengangguran yang jumlahnya masih besar,” ujar Sinung.
Diakui, khusus pelatihan jahit, mestinya peluang bekerja di perusahaan garmen sangat besar. Beberapa perusahaan garmen yang ada di Semarang bahkan kekurangan tenaga untuk jahit. Perusahaan garmen besar di Ungaran juga membutuhkan ribuan tenaga kerja yang terampil menjahit. (JN09)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *