Dukung Perda SUSU, Anshor Tanam Aneka Pohon

  • Whatsapp
Penghijauan ala GP Anshor. (Foto : JN09)
Penghijauan ala GP Anshor. (Foto : JN09)
Penghijauan ala GP Anshor. (Foto : JN09)
Penghijauan ala GP Anshor. (Foto : JN09)

Kendal, Jowonews.com – Puluhan anggota GP Anshor Desa Tambaksari, Kecamatan Rowosari, tadi pagi menanam puluhan pohon di tanah desa. Aksi penanaman pohon ini sebagai bentuk dukungan menyukseskan program SUSU yang sudah dicanangkan pemkab. Pohon yang ditanam meliputi pisang, mangga, rambutan, dan kelengkeng. Hasil buah dari tanaman tersebut akan digunakan untuk kegiatan organisasi.

Meski program ini sudah dicanangkan sejak 2012 silam hingga kini gregetnya kurang menggema. Calon pengantin yang akan menikah masih jarang yang menanam pohon.

Bacaan Lainnya

Ketua Ansor Tambaksari Mahfud mengaku aksi penanaman pohon buah ini sebagai bentuk kepedulian anggotanya untuk memanfaatkan lahan yang masih kosong. Lahan yang selama ini kurang dimanfaatkan akan disulap menjadi lahan yang produktif dengan aneka tanaman buah. Ansor sebagai organisasi kader memiliki tanggung jawab untuk menyukseskan program tersebut.

“Jika kelak berbuah hasilnya untuk kegiatan organisasi dan masyarakat umum, Ansor siap memeloporinya,” ujar Mahfud, Ahad (1/2/2015).

Mahfud mengaku pihaknya akan lebih intensif melakukan penanaman aneka pohon sebagai bentuk dukungan program sak uwong sak uwit (SUSU) yang sudah dicanangkan pemkab sejak tiga tahun silam. Menurut Mahfud pohon buah yang ditanamkan diharapkan berbuah dua-tiga tahun ke depan. Khusus pohon pisang diharapkan bisa berbuah satu tahun ke depan.

Kades Tambaksari Untung Mujiono mendukung aksi tanam pohon yang diprakarsai GP Ansor. Pihaknya siap menyediakan lahan yang masih kosong untuk ditanami aneka pohon. Pihaknya mempersilakan lahan milik desa ditanami pohon buah agar hasilnya bisa dinikmati masyarakat.”Kita akan menghijaukan lahan yang selama ini belum ditanami,” ujar Untung.

Untung mengaku masih ada beberapa titik lokasi yang masih bisa ditanami pohon. Aksi penanaman pohon itu juga untuk mengurangi pemanasan global yang mengancam bumi. (JN09)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *