Jika Digelar Serentak 2016, Jateng Gelar 18 Pilkada Kabupaten/Kota

  • Whatsapp
Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (Dok. Jowonews)
Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (Dok. Jowonews)
Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (Dok. Jowonews)
Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (Dok. Jowonews)

SEMARANG, Jowonews.com – KPUD Jateng masih menunggu keputusan final penetapan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) dari DPR RI. Namun kalau Pilkada dilaksanakan serentak Februari 2016 sesuai usulan DPR RI, maka Jateng akan melaksanakan Pilkada serentak di 18 wilayah kabupaten/kota.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo mengatakan tahapan Pilkada yang selama ini sudah dipersiapkan tetap dilanjutkan, sembari menunggu putusan final DPR. Meski diperkirakan akan ada dua kabupaten/kota yang diikutkan Pilkada pada Februari, pihaknya tak mengalami kendala yang berarti.

Bacaan Lainnya

Sebanyak tujuh wilayah Jateng dengan akhir masa jabatan (AMJ) pada 2016 selama ini dilibatkan dalam persiapan Pilkada serentak, sehingga tidak akan kelabakan menghadapi masalah sulit.

“Jadi akan ada 18 kabupaten/kota yang akan ikut Pilkada di semester pertama 2016. Regulasi masih jalan, rancangan teknis juga jalan. Kemungkinan revisi akan lahir UU Pilkada, maka seluruh regulasi yang disusun tinggal menyesuaikan waktunya. Hari H kapan pemungutan, KPU RI pasti menyesuaikan dengan kebutuhan waktu,” ungkap Joko saat dihubungi, Selasa (3/2).

Penganggaran yang dilaksanakan, kata Joko, bisa diubah dalam pembahasan APBD Perubahan. Anggaran tetap diskemakan diatur dalam dana cadangan multiyear.

“KPU RI sudah pasti akan mengeluarkan surat edaran mana saja yang akan menyelenggarakan Pilkada. Sehingga, kalau sudah diputuskan maka kabupaten/kota yang akan mengajukan anggaran bisa secepatnya dianggarkan oleh masing-masing wilayah. Dari Menteri Dalam Negeri, kami juga yakin pasti akan ada surat terkait anggaran itu,”jelasnya.

Joko memastikan, dua wilayah yang menyusul dalam Pilkada jika diputuskan Februari 2016 tidak akan terganggu. Dua wilayah yang akan diikutkan nanti yakni Kabupaten Pemalang dengan AMJ 24 Januari 2016, dan Kabupaten Grobogan dengan AMJ 13 Maret 2016.(JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *