DPRD Kendal Segera Ajukan Raperda Pendidikan Gratis

  • Whatsapp
Kantor DPRD Kendal
Kendal, Jowonews.com  – Komisi D DPRD Kendal segera mengajukan rancangan peraturan daerah (Raperda) pendidikan gratis 12 tahun. Raperda inisiatif itu kini sedang digodok komisi yang membidangi pendidikan dan kesehatan ini. Jika raperda itu disahkan, tidak ada lagi siswa putus sekolah atau drop out gara-gara tidak mampu. Selama ini banyak siswa dari kalangan tidak mampu terpaksa drop out karena biaya pendidikan dinilai tinggi.
“Di Sulawesi sudah ada kabupaten yang menggratiskan pendidikan hingga 12 tahun, jadi di Kendal saya kira bisa kok,” ujar Sekretaris Komisi D DPRD Kendal M Zaenudin.
Zaenudin mengaku raperda pendidikan gratis 12 tahun tidak bertentangan dengan wajib belajar 12 tahun yang juga sudah dicanangkan pemkab. Justru dengan pendidikan gratis 12 tahun, capaian wajib belajar 12 tahun lebih maksimal.
Diakui, jika raperda pendidikan gratis 12 tahun diberlakukan akan menyedot anggaran yang cukup besar. Namun dia yakin pemkab masih mampu untuk membiayai pendidikan gratis 12 tahun. Zaenudin yakin jika kelak raperda ini sudah diberlakukan, kualitas pendidikan di Kendal tidak kalah dengan daerah lain.
“Jika kualitas pendidikan meningkat daya saingnya juga kelak meningkat dan tidak kalah dengan pendidikan dari luar negeri,” ujar Zaenudin.
Ketua Dewan Pendidikan Ahmad Tantowi mendukung raperda pendidikan gratis 12 tahun. Meski kelak pendidikan 12 tahun serba gratis, tapi kualitas pendidikan harus tetap diprioritaskan. Sehingga kesan pendidikan gratis kualitasnya rendah tidak terjadi di Kendal. (JN09)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *