Jalur Dibuka, Akses Jalan Menuju Pasar Kliwon Lebih Mudah

  • Whatsapp
Khidmat. Suasana Upacara di Pasar Kliwon Kudus, Senin (29/12/2014). (Foto : JN04)
Khidmat. Suasana Upacara di Pasar Kliwon Kudus, Senin (29/12/2014). (Foto : JN04)
Khidmat. Suasana Upacara di Pasar Kliwon Kudus, Senin (29/12/2014). (Foto : JN04)
Khidmat. Suasana Upacara di Pasar Kliwon Kudus, Senin (29/12/2014). (Foto : JN04)

Kudus, Jowonews.com – Akses jalan menuju ke Pasar Kliwon, Kudus, menjadi lebih mudah. Hal ini dipastikan setelah Pemerintah Kabupaten Kudus, memberikan kemudahan terhadap pengunjung Pasar Kliwon menyusul rencana dibukanya jalur yang menuju pasar tersebut menjadi dua arah dalam waktu dekat.

“Rencana pembukaan akses jalan menuju Pasar Kliwon Kudus menjadi dua arah menunggu keputusan Bupati Kudus, menyusul diserahkannya hasil kajian pembukaan Jalan Jenderal Sudirman menjadi dua arah tersebut,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kudus Didik Sugiharto di Kudus, Jumat (13/2/2015).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, tak hanya di Jalan Jenderal Sudirman karena jalan lain juga disesuaikan dengan pembukaan jalan tersebut menjadi dua arah. Terkait rencana pembukaan Jalan Jenderal Sudirman menjadi dua arah sudah dikoordinasikan dengan Satlantas Polres Kudus, Dinas Bina Marga Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral Kudus dan Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar.

Berdasarkan hasil kajian,  terdapat empat alternatif, yakni pembukaan dua arah hanya dimulai dari Perempatan Pentol Kudus hingga perempatan Polres Kudus, kemudian menuju Jalan Menur, Jalan Hos Cokroaminoto dan kembali ke Jalan Jenderal Sudirman yang memudahkan pengendara kembali ke Jalan Kudus-Pati.

Alternatif kedua, pembukaan jalur dua arah tersebut dimulai dari Perempatan Pentol hingga Simpang Tujuh Kudus, dan alternatif terakhir dari Perempatan Pentol hingga Perempatan Polres Kudus kemudian menuju Jalan Diponegoro.  “Dari sejumlah alternatif tersebut, tentunya masing-masing memiliki kelemahan, termasuk ketika diarahkan menuju Jalan Menur harus ada koordinasi dengan Dinas Pasar,” ujarnya.

Di jalan tersebut sebelumnya memang banyak pedagang kaki lima sehingga membuat jalan setempat menyempit dan sering terjadi ketersendatan arus.  Jika permasalahan PKL diatasi, dia yakin arus kendaraan yang melintasi jalur tersebut lebih lancar, sehingga memudahkan pengguna jalan dari arah Pati yang melintasi Jalan Jenderal Sudirman.

Dengan rencana pembukaan jalan setempat menjadi dua arah, dia berharap, bisa meningkatkan tingkat kunjungan di pasar terbesar di eks-Keresidenan Pati itu.

Berdasarkan pengamatan, Jalan Jenderal Sudirman Kudus memang lebih lebar dibanding sebelumnya masih terdapat median jalan karena saat ini tidak ada lagi median tersebut. Jika jalur dua arah dibuka mulai Perempatan Pentol hingga perempatan Polres Kudus memiliki jarak sekitar 1 kilometer, sedangkan jika sampai Alun-alun Kudus memiliki jarak sekitar 1,6 kilometer. (JN04)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *