Tahun ini 21 Kab/ Kota di Jateng Pilkada Serentak

  • Whatsapp

pilkada

SEMARANG, Jowonews.com – Pilkada serentak ditetapkan Desember 2015 untuk wilayah akhir masa jabatan (AMJ) hingga semester pertama 2016. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng menyelenggarakan Pilkada serentak di 21 Kabupaten/Kota.Hal tersebut dipastikan setelah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengesahkan revisi undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang Pilkada.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo mengatakan, jika sebelumnya 16 wilayah yang dijadwalkan ikut Pilkada tahun ini, maka dengan pengesahan revisi akan ada lima kabupaten/kota yang bergabung. Kelima wilayah tersebut yakni Grobogan, Sragen, Demak, Kabupaten Pekalongan, dan Pemalang. Pihaknya sejauh ini masih menunggu lebih lanjut instruksi dari KPU RI.

“Terkait dengan pelaksanaan teknis di lapangan, KPU Jateng masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari KPU RI.
Sementara itu, kami bersama KPU Kab/Kota telah menyiapkan sejumlah regulasi serta juklak (petunjuk pelaksanaan) dan juknis (petunjuk teknis),” ungkap Joko saat dihubungi, Selasa (17/2).

Dalam waktu dekat, lanjut Joko, KPU Jateng akan segera melakukan koordinasi dengan KPU Kab/Kota guna menindaklanjuti beberapa putusan tersebut, sekaligus menjabarkan kebijakan KPU RI. “Poin-poin apa saja yang akan diubah, akan dibahas bersama. Termasuk pembahasan anggaran yang dulu diperkirakan mencapai Rp400 miliyar,” timpalnya.

Joko mengklaim tidak akan mengalami kesulitan dalam persiapan di lima kabupaten/kota yang harus bergabung melaksanakan Pilkada tahun ini. Ia menjelaskan, selama ini KPU kabupaten/kota telah dilibatkan dalam persiapan Pilkada.

Beberapa Poin yang berubah dalam pelaksanaan pilkada yakni penetapan pilkada pada Desember 2015, Februari 2017, dan Juni 2018. Selain itu, tahapan uji publik juga dihilangkan, sehingga memperpendek proses tahapan Pilkada dari 17 bulan menjadi tujuh bulan.(JN01)

Pilkada serentak di 21 Wilayah Jateng:
Kota Semarang
Kabupaten Rembang
Kabupaten Purbalingga
Kabupaten Kebumen
Kota Surakarta
Kabupaten Boyolali
Kota Pekalongan
Kabupaten Blora
Kabupaten Kendal
Kota Magelang
Kabupaten Sukoharjo
Kota Semarang
Kabupaten Purworejo
Kabupaten Wonosobo
Kabupaten Wonogiri
Kabupaten Klaten
Kabupaten Grobogan
Kabupaten Sragen
Kabupaten Demak
Kabupaten Pekalongan
Kabupaten Pemalang

Sumber, KPU Jateng

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *