Ribuan Peziarah Padati Haul Waliyullah Aqrobudin

  • Whatsapp
image
Ribuan Peziarah Padati Haul Waliyullah Aqrobudin

Kendal, Jowonews.com – Ribuan peziarah menghadiri haul waliyullah Aqrobudin di makam Desa Kaliyoso, Kecamatan Kangkung, tadi siang. Peziarah berasal dari Kecamatan Kangkung dan sekitarnya. Haul mengenang jasa penyebar Islam keturunan Mataram ini dihadiri Bupati Widya Kandi Susanti dan muspida.
Waliyullah Aqrobudin merupakan penyebar Islam saat Mataram dipimpin Sultan Agung. Dia juga turut menghadiri paseban agung di makam Kemangi saat Tumenggung Bahurekso hendak menyerang Belanda di Batavia.
Penceramah KH Ahmad Hadlor Ihsan dari Semarang mengajak peziarah meneladani apa yang sudah diperjuangkan Waliyullah Aqrobudin. Berkat perjuangannya yang gigih, perkembangan dan penyebaran Islam di wilayah Kendal lebih cepat. Diakui sosok Mbah Aqrobudin merupakan sosok pejuang yang hendak mengusir penjajah dari Tanah Air.
“Perjuangan Beliau tidak sia-sia karena Islam lebih menyebar di daerah ini,” ujar Hadlor.
Sementara itu Bupati Widya Kandi Susanti merespons positif haul yang digelar tiap tahun. Widya mengaku selalu hadir saat haul karena sebagai sarana silaturahim. Pada kesempatan itu bupati minta maaf kepada masyarakat karena selama kepemimpinannya masih banyak pekerjaan rumah yang belum rampung.
“Seperti masih banyak jalan-jalan yang belum diperbaiki meski tiap tahun dianggarkan dana yang cukup besar,” ujar Widya.
Widya mengaku tahun ini dana perbaikan jalan dianggarkan Rp100 miliar. Dia berharap dana itu bisa mempercepat perbaikan kerusakan jalan. (JN09)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *