Setahun Rusak, Jembatan Kanyaran Tak Diperbaiki

  • Whatsapp
Perbatasan Kendal - Batang Masih Gelapo : (JN09)
Perbatasan Kendal - Batang
Perbatasan Kendal - Batang Masih Gelapo : (JN09)
Perbatasan Kendal – Batang

BATANG,Jowonews.com-Jembatan Kanyaran Kalibeluk, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, yang telah setahun putus, hingga kini belum juga diperbaiki. Padahal enam bulan lalu sebenarnya hanya retak-retak. Tapi karena tidak segera ditangani, kondisinya akhirnya sekarang ambrol.

Akibatnya akses jalan Kabupaten Batang menuju Pekalongan Selatan, Kota Pekalogan, putus. Warga harus memutar sejauh 10 kilometer. Kalau pun dipaksakan harus sangat hati-hati, karena jembatan darurat yang dipasang sementara sudah miring.

Bacaan Lainnya

Putusnya jembatan Kanyaran Kalibeluk, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang tersebut, karena kondisi kontruksinya sudah lapuk. Jembatan juga tidak mampu menahan beban diatas 30 ton. Sedangkan truck galian C dengan tonase lebih dari 30 ton, melintas diatas jembatan tersebut.

“Meskinya jembatan Kanyaran Kalibeluk, tidak dilalui truck pengangkut matrial. Namun, sejak adanya pembangunan perumahan di Kalibeluk, jembatan ini mulai retak dan rusak, hingga akhirnya putus seperti itu,” ungkap Johan, warga Kelurahan Duwet, Kota Pekalongan.

Johan juga menyesalkan, lambannya perbaikan jembatan yang telah putus setahun lalu. Namun hingga kini belum juga diperbaiki. Menurutnya, Pemda Batang dalam mengalokasikan anggarannya harus mengutamakan pembangunan infrastruktur khususnya jalan dan jembatan yang rusak.

“Harusnya perbaikan jembatan Kalibeluk ini, menjadi perioritas utama, karena ini jembatan penghubung antar Kabupaten dan Kota,” kata Johan, yang setiap hari melalui jembatan tersebut.

Kepala UPTD Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (DBMSDA), Wilayah Batang I, Kabupaten Batang, Azis Aprianto, Rabu (25/2) siang kemarin. Menandaskan bahwa Pemda Batang, telah menganggarkan Rp 2 miliar untuk perbaikan jembatan Kanyaran Kalibeluk.

Menurutnya desain pembangunan rencananya menggunakan sistem pancang, sehingga kokoh dan kuat.

“Jembatan kemungkinan akan dilebarkan sekitar satu meter, karena lalu lintas pada jembatan tersebut semakin banyak.” jelas Azis.

Azis Aprianto juga mengatakan, bahwa perbaikan jembatan Kalibeluk akan dilakukan pada bulan Maret. Menurutnya saat ini lelang sudah dilakukan, perbaikan akan dilakukan segera mungkin.

“Kami harap warga bersabar, lelang untuk pekerjaan jembatan Kanyaran Kalibeluk telah dilakukan, pekerjaan perbaikan akan dilakukan pada bulan Maret mendatang,” tegas Azis Aprianto.(JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *