Kunjungi Pameran Batu, Akrabkan Dua Bupati

  • Whatsapp

 

image
Ilustrasi foto: joglosemar

Wonogiri,Jowonews.com-Tren batu terus menanjak. Semua orang bicara batu. Bahkan batu mulia bisa mengakrabkan elit politik. Seperti pameran batu mulia yang digelar Pemkab Wonogiri di gedung Giri Wahana Wonogiri. Pameran ini mendapatkan sambutan positif dari masyarakat Wonogiri. Ribuan pengunjung datang silih berganti dari Kabupaten/Kota di Soloraya.
 
Dalam sehari saja, pada Sabtu (28/2) kemarin, transaksi jual beli batu bahan mulia yang siap pakai mencapai ratusan juta. Salah satu pengunjung asal Solo, Begug Poernomosidi datang dan berbelanja. Dia dating secara khusus untuk menambahkan koleksi batu.
Kedatangan Bupati Wonogiri periode 1999-2004, dan 2004-2009 itu disambut suksesornya Bupati Wonogiri Danar Rahmanto. Keduanya Nampak akrab menikmati keindahan aneka batu mulia. Bahkan Begug membeli batu di tiga stan milik perajin asal Kecamatan Kismantoro dan Purwantoro.
Tidak hanya itu saja, stand Setia Bakti asal Kecamtan Sidoharjo dan stand dari Kecamatan Ngadirojo juga ikut kecipratan. Transaksi Begug Poernomosidi mencapai Rp.20-an juta. Begug membeli batu jenis kalsedon senilai Rp1 juta dari stand milik Wawan dkk, asal Kismantoro dan Purwantoro.
Menurut Wawan, batu yang dibeli adalah batu jenis kalsedon dengan nama “Akik Junjung Drajat,” asal Kismantoro. Sedangkan di stand milik Dwi, Begug transaksi akik mencapai Rp.8 juta. Begug membeli batu mulia jenis kalsedon bergambar. Sementara di stand “Wakmu Gems” asal Ngadirojo, Begug membeli satu  buah batu seharga Rp 5 juta.
Begug enggan menceritakan jumlah total batu yang dibelinya. Pria pedalang wayang kulit ini juga enggan menyebutkan berapa uang yang dikeluarkan dari kantongya. “Yang penting persaudaraan, dan nguri nguri budaya, tidak usah dipikir berapa jumlahnya,” kilah Begug sambil tersenyum.
Sementara Bupati Wonogiri H. Danar Rahmanto, yang juga hadir di lokasi pameran di kawasan gedung olah raga (GOR) Giri Mandala ini menilai pameran terbilang spektakuler. “Ini spektakuler,” kata Danar, sebelum kehadiran Begug Poernomosidi.
Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) pameran batu mulia sejak Kamis – Minggu (1/3) hari ini. Budi Sudibyo salah satu pemilik stand Wakmu Gems mengatakan, transaksi pada hari ini cukup ramai. Sehari sebelumnya juga ramai.
“Transaksi hari ini mencapai 100 kali lebih,” kata Sudibyo yang juga anggota Komisi A DPRD II Wonogiri ini. Stand miliknya menyediakan batu mulia mulai harga Rp 20.000 s/d Rp 200.000. Tersedia jasa poles, aneka emban, batu nusantara, Wonogiren.
Lebih fantastis lagi transaksi yang terjadi di Stand Kedhaton asal Ngadirojo. Dia menjual satu batu mulia seharga Rp.12 juta. Batu sejenis fair opal warna merah dari Tebing Manggal Tirtomoyo. “Yang kita jual memang berkelas. Akik untuk pria termurah Rp.1,5 juta. Sedangkan untuk wanita termurah Rp.500.000,” kata Gendon penjaga Stand Kedathon(JN010)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *