43 Varietas Ikuti Lomba Durian

  • Whatsapp

lomba durianKendal, Jowonews.com  – Dinas Pertanian (Dispertan) Kendal tadi siang menggelar lomba durian unggul lokal Kabupaten Kendal 2015 di lapangan Desa Kertosari, Kecamatan Singorojo. Sebanyak 43 varietas durian ikut dalam lomba tersebut. Lomba ini diadakan untuk mencari buah durian unggul lokal dan bagi  pemenangnya, jenis varietas duriannya akan diajukan sertifikasi ke kementerian Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura.

Ketua panitia Partono Widianto disela-sela lomba mengatakan, lomba durian unggul lokal ini sebenarnya sudah pernah dilakukan lima tahun silam. Tujuannya untuk mengembangkan dan memunculkan berbagai jenis varietas durian lokal yang berkualitas.

Bacaan Lainnya

“Dengan lomba semacam ini maka jenis varietas unggulan yang sebelumnya belum belum mencuat ke permukaan, maka akan menjadi dikenal banyak masyarakat,” ujar Partono.

Di kendal dari 20 kecamatan ada 9 kecamatan sebagai penghasil buah durian diantaranya, Boja, Limbangan, Kaliwungu Selatan, Pageruyung, Patean dan Sukorejo. Partono mengatakan dalam lomba durian ini setidaknya ada 43 varietas buah durian dari berbagai daerah yang ikut ambil bagian.

Dari lomba ini, pihaknya akan mengambil juara I, II dan III serta juara harapan I, II dan III. Bagi pemenangnya, selanjutnya akan diikutsertakan dalam lomba durian tingkat Provinsi Jawa Tengah pada 6 Maret mendatang.
“Pada lomba ini, penilaian juri, meliputi tujuh item, yakni,  ukuran buah, bentuk, warna daging buah, tekstur buah, ketebalan daging, ukuran biji dan rasa buah,” ujar Partono.

Partono menambahkan, dalam lomba tersebut varietas durian jenis kumbokarno tak diikutsertakan karena varietas yang satu itu tengah tidak berbuah. Padahal durian kumbokarno tersebut merupakan durian lokal kebanggaan Kendal yang sudah memiliki sertifikat dari kementerian pertanian sebagai satu-satunya buah durian lokal di Kendal. (JN09)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *