Partai Besar Akan Gabung PDIP

  • Whatsapp
Golkar dan PKS siap koalisi di Pilwalkot Semarang. (Foto : IST)
Golkar dan PKS siap koalisi di Pilwalkot Semarang. (Foto : IST)
Golkar dan PKS siap koalisi di Pilwalkot Semarang. (Foto : IST)
Golkar dan PKS siap koalisi di Pilwalkot Semarang. (Foto : IST)

SEMARANG, Jowonews.com – PDI Perjuangan menegaskan terus melakukan komunikasi dengan partai lain untuk menggalang koalisi demi memenangkan Pilwalkot Semarang 2015. Bahkan sedang intens menjajagi koalisi dengan sebuah partai besar. Hanya PDIP tidak ingin ikut terburu-buru mendeklarasikan koalisi seperti partai lain.

Partai Demokrat yang bergabung PKS dan Golkar sebelumnya (5/3) telah mendeklarasikan koalisi. Jauh sebelumnya Gerindra dan PAN juga sudah menyatakan berkoalisi. Saat ini hanya PKB, PPP, Nasdem, dan PDIP yang belum berkoalisi.

Bacaan Lainnya

Menurut Ketua DPC PDIP Kota Semarang, Hendrar Prihadi, partainya tidak akan ikut terburu-buru menentukan koalisi dengan partai lain. Tapi partainya tetap terbuka membuka peluang koalisi dengan semua partai. ‘’Komunikasi terus dilakukan dengan semua partai, hanya belum ada yang mengerucut,’’ kata Hendi, panggilannya kemarin.

Hendi yang juga Wali Kota Semarang mengatakan, partainya saat ini masih melakukan konsolidasi internal. Setelah munsyarcab (musyawarah anak cabang) 16 kecamatan selesai, hari ini akan ada konfercab untuk memilih ketua dan pengurus partai tingkat kota. Pada akhir Maret juga ada konferda tingkat Jateng dan bulan April ada kongres nasional yang akan dilaksanakan di Bali.

Partainya tetap melaksanakan persiapan menghadapi Pilwakot sambil melakukan konsolidasi tersebut. Penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota sudah selesai dilakukan, tinggal menunggu rekomendasi dari DPP. Kemudian saat ini sedang melakukan penjajagan koalisi dengan partai-partai lain.

Penjajagan koalisi yang dilakukan partainya diakui memang seperti tidak kelihatan. Karena pihaknya tidak mau terbuka menyampaikan kepada masyarakat sesuatu yang belum clear. Takutnya jika sudah disampaikan ke media ternyata ada perkembangan politik lagi yang bisa membuat mitra koalisi tersinggung.

‘’Jadi kita sangat hati-hati menyikapi persoalan ini, masing-masing partai mempunyai kapasitas dan harga diri yang kita harus saling menghormati,’’ tegasnya.

Ketika ditanya partai besar mana yang sedang penjajagan untuk koalisi, Hendi juga tidak mau terbuka. Ia menjawab penjajagan hampir dengan semua partai dengan prinsip saling menghargai. ’’Mereka partai besar, tapi kita juga partai besar, nanti ketemunya bagaimana agar Pilwalkot kondusif. Kalau jadi gabung ya kita terima, sementara bersaing dulu ya tidak apa-apa,’’ tegasnya.

Diisukan, partai besar yang kemungkinan akan berkoalisi dengan PDIP adalah Partai Demokrat. Meskipun partai berlambang segitiga mercy ini sudah deklarasi koalisi dengan PKS dan Golkar, tapi dalam politik selalu ada kemungkinan berubah. (JN06)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *