Dishub Akan Rekrut TPL, Untuk Mengatasi Kesemprawutan Lalin

  • Whatsapp
DPRD Salatiga
DPRD Salatiga

SALATIGA, Jowonews.com – Dinas Perhubungan Komunikasi Budaya dan Pariwisata (Dishubkombudpar) Salatiga berencana merekrut tenaga pengatur lalu lintas (TPL). Mereka akan ditempatkan di sejumlah titik kesemrawutan,  dan titik rawan kecelakaan.

Hal ini diungkapkan Kepala Dishubkombudpar Salatiga, Adhy Suprapto kepada wartawan, Selasa (10/3). “Kami sudah membahas terkait kebutuhan tenaga pengatur lalu lintas. Akan kami realisasikan di tahun ini,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Adhy mencontohkan, sejumlah wilayah rawan kecelakaan. Seperti di perempatan JLS Kumpulrejo, yang sangat membutuhkan pengatur lalu lintas. Meskipun lampu alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) menyala normal. Selain itu di Jalan Jenderal Sudirman ( Jendsud) yang rawan kesemrawutan.

 

“Tidak hanya saat lampu APILL rusak atau mati. Tenaga pengatur lalu lintas sangat diperlukan seperti misalnya untuk memberi peringatan para sopir kendaraan berat dari arah Kopeng menuju perempatan Kumpulrejo. Sehingga tidak melakukan pengereman mendadak dan menghindari kemungkinan kecelakaan,” imbuhnya.

 

Terkait proses rekruitmen tenaga tersebut, Adhy mengatakan paling tidak akan dilakukan pada  tahun ini. Sebab, terkait dengan kesiapan anggaran yang rencana akan dimasukkan dalam anggaran perubahan 2015.

 

Sementara, Ketua DPRD Teddy Sulistio menilai tenaga pengatur lalu lintas mutlak dibutuhhkan. Mengingat keberadaan lampu APILL di Salatiga selama ini masih belum efektif mencegah terjadinya kecelakaan. Selain itu, Teddy menilai, rekayasa lalu lintas di wilayah Salatiga masih semrawut. Sehingga membutuhkan banyak personel yang harus diturunkan ke lapangan.

 

“Harus ada rekruitmen tenaga pengatur lalu lintas. Meski sudah ada lampu APILL, tenaga manusia bagaimanapun sangat penting. Seperti musibah kecelakaan terakhir di perempatan Kumpulrejo kemarin. Keberadaan para pengatur lalu lintas itulah yang menyelamatkan para pengguna jalan sehingga tidak menjadi korban,” tandasnya. (JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *