Ke Pulau Karimunjawa: Wisatawan Bisa Melepas Anak Penyu

  • Whatsapp
Wisata di Karimunjawa. (Foto : IST)
Wisata di Karimunjawa. (Foto : IST)
Wisata di Karimunjawa. (Foto : IST)
Wisata di Karimunjawa. (Foto : IST)

JEPARA, Jowonews.com – Jika berwisata ke Taman Nasional Karimunjawa, kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungi pusat penangkaran penyu. Biasanya agen-agen perjalanan wisata di Jepara dan Karimunjawa sudah pasti memasukkan kunjungan ke sana dalam perjalanan wisatanya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Agust Frolind wisatawan dari Belanda dan juga Camila dari Finlandia. Keduanya menyempatkan untuk mampir kepenangkaran penyu di Pulau Karimunjawa .

Bacaan Lainnya

Kedua turis asing itu bersama dengan beberapa wisatawan domestik dari beberapa kota seperti Pati dan Semarang juga dipersilakan melepaskan anak anak penyu yang sering disebut dengan Tukik ke laut lepas. Pelepasan Tukik di Pantai Nirwana Pulau Karimunjawa. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar ekosistem penyu dilautan Karimunjawa tetap terjaga kelestariannya.

Frolind, wisatawan dari Belanda mengaku sangat senang berlibur ke Pulau Karimunjawa . Selain memiliki keindahan laut serta terumbu karang yang bagus, wisatawan juga dipersilakan melepaskan ratusan anak penyu.

“Saya baru tahu jika di Karimunjawa ada program release penyu. Diharapkan penyu yang dilepas nantinya bisa berkembang biak dan tetap terjaga kelestariannya, agar wisatawan dapat menikmati keindahan alam secara sempurna dengan adanya penyu yang berenang bebas dilautan,” ungkap turis asing yang lancar berbahasa Indonesia itu, Kamis (19/3).

Sementara itu Kuswadi dari Balai Taman Nasional Karimunjawa mengatakan, pada kesempatan kali ini pihaknya bersama dengan wisatawan melepaskan lebih dari 500 anakan penyu. Bagi wisatawan lain yang ingin merelease penyu, pihaknya mempersilahkan. Dipastikan tanpa dipungut biaya sama sekali.

“Kami tetep melakukan perlindungan terhadap penyu agar tetap terjaga kelestariannya, salah satunya dengan cara melepaskan tukik ini bersama wisatawan kelaut,” ujarnya.

Lebih lanjut Kuswadi menjelaskan, ada 22 pulau di Karimunjawa yang jadi tempat berkembang biak atau bertelur penyu. Namun pulau favorite penyu untuk bertelur adalah pulau yang berpasir putih. Seperti di Pulau Menjangan Kecil dan Pulau Gleyang. “Saat ini ada 3 jenis penyu di Karimunjawa yaitu penyu sisik, penyu hijau dan penyu lekang. Namun penyu yang paling banyak bertelur adalah jenis penyu hijau,” pungkasnya. (JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *