Ditahan Majikan, TKW Asal Kendal  Dipulangkan

  • Whatsapp

    
Kendal, Jowonews.com – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kendal berhasil memulangkan tenaga kerja wanita (TKW) asal Kendal yang selama ini bekerja selama lima tahun di Arab Saudi dan tak berencana menambah kontrak kerja untuk bekerja di negara tersebut. Namun, pihak majikan justru ingin mempekerjakan kembali dan menahannya. Tak hanya itu, pihak majikan berencana menguruskan perpanjangan kontraknya.
Kabid Transmigrasi Pelatihan dan Penta Disnakertran, Supardi, mengatakan, TKW itu bernama, Islakhan binti Sinwan bin Bahram, warga Jalan pondok Bambu No 81, RT 01, RW 04, Kecamatan Pegandon, Kendal. Dikatakannya, dia bekerja di Arab Saudi berangkat melalui PT Amri Marga Tama, September, silam. Di Arab Saudi dia mendapatkan majikan bernama Ied Suyaifi al Juhni yang beralamat di Al Maylabidal Johani Ozip, Code, 41922 Al Ees Opropinsi, Yanbu Saudi Arabia.
“Setelah bekerja lima tahun, dia ingin pulang ke kampung halamannya untuk sementara beristirahat dan melepas kerinduan dengan keluarganya,” ujar Supardi.
Namun keinginannya itu direspons majikannya dengan menahanya dan akan mempekerjakanya kembali dengan memperpanjang kontraknya.
Supardi mengungkapkan, setelah kontrak bekerjanya habis, Islakhan seharusnya sudah pulang pada Januari lalu. Namun, karena ditahan oleh majikannya melalui keluarganya agar memintakan bantuan kepada Disnakertrans Kendal untuk memulangkannya ke Tanah Air. Atas permohonan permintaan dari keluarga TKW itu, Disnakertrans langsung merespons dan menindaklanjutinya.
Untuk memulangkan Islakhan, pihaknya langsung melayangkan surat permohonan permintaan pemulangan TKW tersebut kepada Menteri Tenaga Kerja, Menteri Luar Negeri dan Kepala BNP2TKI. Setelah melalui berbagai koordinasi itu, pada 16 Maret lalu, Islakhan akhirnya bisa pulang ke kampung halamannya.
Supardi menambahkan, baik gaji dan hak lainya selama TKW tersebut bekerja di Arab Saudi sudah terpenuhi. Berdasarkan penuturan dari TKW, saat sudah tiba di Kendal, keinginannya untuk tidak lagi bekerja di Arab Saudi dan pulang, adalah TKW tersebut nantinya berencana akan bekerja di Hongkong. (JN09)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *