Listrik di Kudus Sering Diganggu Hewan

  • Whatsapp

ilustrasi listrikliKudus, Jowonews.com – Listrik padam yang sering terjadi di Kabupaten Kudus, ternyata lebih banyak disebabkan oleh ulah hewan yang merayap di kabel jaringan listrik sehingga menimbulkan konseleting, akhirnya terjadi pemadaman. Hewan yang menggangu, antara lain ular, tikus, tokek dan burung.

Menurut Manajer PLN Rayon Kudus Kota Agus Suwarsono, hewan yang terdeteksi sering mengganggu jaringan listrik PLN memang itu. Gangguan hewan tersebut, akhirnya menjadikan listrik berulang kali padam yang tersebar di beberapa daerah di wilayah PLN Rayon Kudus Kota.

Bacaan Lainnya

Selama bulan ini ada 23 gangguan dengan berbagai faktor penyebab dengan dominasi gangguan hewan.
“Faktor lainnya, yakni dahan pohon serta aktivitas  masyarakat yang melakukan pembangunan,” ujarnya.

Upaya mengantisipasi hewan naik ke tiang jaringan, yakni dengan membuat pengaman pada kabel penguat tiang.

Lain itu, dilakukan perimbasan dahan pohon juga rutin dilakukan guna memastikan tidak adanya dahan yang berpotensi mengganggu jaringan listrik PLN atau memudahkan hewan menuju kabel jaringan listrik.

Meski demikian, lanjut dia, hewan dimungkinkan masih bisa naik ke kabel jaringan listrik melalui kabel sambungan rumah yang tidak ada pengamannya.

Terkait dengan gangguan yang disebabkan oleh kegiatan pembangunan yang dilakukan masyarakat, kata dia, dipersilakan menghubungi PLN untuk dilakukan pemadaman sementara guna menghindari terjadinya sentuhan benda dengan kabel jaringan karena bisa mengakibatkan pemadaman listrik ke pelanggan.

“Kami juga mengingatkan masyarakat yang sedang melakukan aktivitas pembangunan di dekat jaringan listrik dengan harapan mereka juga memahaminya,” ujarnya.

Agar penanganan gangguan jaringan listrik ditangani seger, masyarakat diminta untuk menginformasikan ketika ada gangguan agar listrik yang padam bisa kembali dihidupkan. (JN04)

Editor : iwud

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *