Televisi Stasiun Jaringan Nasional Minim Konten Lokal

  • Whatsapp
ssjSemarang, Jowonews.com- Sistem Stasiun Jaringan (SSJ) atau yang biasa dikenal dengan televisi berjaringan nasional di Provinsi Jawa tengah belum sepenuhnya menerapkan porsi 10% untuk siaran lokal. Menurut Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Jawa Tengah, Asep Cuwantoro masih banyak Televisi SSJ yang di provinsinya memilih konten siaran nasional daripada lokal. 
“Jika televisi SSJ bersiaran 24 jam sehari, seharusnya mengalokasikan waktu minimal 2,4 jam untuk bersiaran lokal” Demikian dikatakan Asep Cuwantoro, saat berada di Bogor baru-baru ini.
Asep menjelaskan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 yang menjadi landasan siaran lokal 10% tersebut belum diindahkan sepenuhnya oleh SSJ di Jateng. Rata-rata Televisi stasiun Jaringan ini baru memberikan porsi 3 persen.
“Sementara baru sekitar tiga stasiun televisi yang mendekati, yakni sekitar 6% sampai 7%” ungkap Asep.
Lebih lanjut Asep mengaku baru mengejar target pemenuhan konten lokal sepuluh persen pada televisi SSJ tersebut. 
“Kami menyadari konten lokal kadang disiarkan pada jam malam atau dini hari dengan kualitas yang biasa dan bahkan ada yang siarannya kadaluarsa. Namun hingga kini yang terpenting bagi kami mengejar target kuantitasnya, yakni 10% siaran lokal” terang Asep.
Menurut Asep, stasiun televisi SSJ di Jateng secara Sumber Daya Manusia tidak memiliki kendala. Ia memantau jika SDM yang dimiliki oleh setiap SSJ sudah sesuai standar. Begitu pula dengan aspek finansial.
” Sebenarnya kendala yang dihadapi hanyalah kemauan dari masing-masing redaksi, jika ada kemauan maka tidak akan ada kendala” kata Asep.
Televisi sistem stasiun jaringan atau SSJ merupakan sistem televisi di Indonesia yang mengharuskan televisi-televisi yang memiliki daya frekuensi siaran nasional, agar melepaskan frekuensi terhadap daerah- daerah siaran mereka dan menyerahkan pada orang/lembaga/organisasi daerah yang ingin menggunakannya untuk dikembangkan. Di Jawa tengah setidaknya ada sepuluh Sistem Stasiun Televisi Jaringan seperti RCTI, SCTV, Indosiar,MNC TV, Sindo TV,TVone,Metro TV,RTV, Trans TV dan Trans 7.  (JN13)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *