Kesulitan Anggaran Pilkada: Lima KPU Temui Mendagri

  • Whatsapp

pilkadaSEMARANG, Jowonews.com – Lima Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten di Jateng dengan masa akhir jabatan (AMJ) 2016 menghadap  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hari ini, Senin (20/4). Pihak KPU Jateng akan mendampingi kelima KPU kabupaten tersebut, yang direncanakan akan membahas masalah anggaran.

Seperti diketahui, lima kabupaten dengan AMJ 2016 belum sepenuhnya memiliki anggaran penuh untuk Pilkada.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo mengatakan lima KPU Kabupaten yakni Pekalongan, Sragen, Demak, Grobogan, dan Pemalang akan mendapatkan penjelasan terkait mekanisme Pilkada. Hal lain yang akan dibahas yakni termasuk masa jabatan lima wilayah tersebut yang rata-rata menjadi tidak genap menjabat selama lima tahun.

“Mereka juga akan dijelaskan mekanisme pendanaan, karena ada satu wilayah di Kabupaten Pekalongan yang sama sekali belum mendapatkan pengalokasian dana. Beberapa waktu lalu sempat disampaikan dalam Musrenbang Provinsi mengenai kendala di Kabupaten Pekalongan,” ungkap Joko kemarin.

Menurutnya, hanya ada satu kabupaten yakni Sragen yang sudah melalui proses pendanaan menyeluruh. Sragen sendiri  mengajukan Rp33,3 Miliyar, dan dialokasikan Rp22,5 miliyar. Sementara, di Kabupaten Pekalongan mengajukan anggaran Rp20,24 miliyar, dan sama sekali belum dialokasikan.

Joko menambahkan, Peraturan KPU (PKPU) tentang tahapan Pilkada sudah disahkan. Selain tentang tahapan, PKPU tentang badan pelaksana Pilkada juga sudah diterima.

“(PKPU) Yang disahkan sudah ada. Awal minggu ini akan dibahas tujuh PKPU. Mungkin minggu ini (PKPU) selesai dibahas. Mulai hari ini (kemarin – red) sebagian besar KPU kabupaten/kota yang AMJ kepala daerahnya pada 2015, sudah membuka pendaftaran rekruitmen PPK dan PPS,” terangnya.

Setelah pembahasan rampung dan disahkan, kata Joko, PKPU selanjutnya diserahkan ke Kementerian Hukum dan HAM. 

Setelah menjadi lembaran negara, PKPU akan segera diberlakukan. (JN01)

Lima Kabupaten dengan AMJ 2016
-Pekalongan, mengajukan Rp20,24 miliyar, belum dialokasikan
-Sragen, mengajukan Rp33,312 miliyar, dialokasikan Rp22,5 miliyar
-Demak, mengajukan Rp16,46 miliyar, sudah teralokasiRp4,91 miliyar, belum teralokasi Rp12,27 miliyar
-Grobogan, mengajukan Rp27,6 miliyar, sudah teralokasi Rp20 miliyar, belum teralokasi Rp7,65 miliyar
-Pemalang, mengajukan Rp26,81 miliyar, sudah teralokasi Rp15 miliyar, belum teralokasi Rp11,8 miliyar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *