Lelang Karo Umum Tidak Transparan: Tiga Nama Hasil Kerja Pansel Dirahasiakan

  • Whatsapp
Gd.Kantor Gubernur dan Gd Berlian/ DPRD Jateng, foto: www.budiono.heck.in
Gd.Kantor Gubernur dan Gd Berlian/ DPRD Jateng, foto: www.budiono.heck.in
Gd.Kantor Gubernur dan Gd Berlian/ DPRD Jateng, foto: www.budiono.heck.inprd

SEMARANG, Jowonews.com – Semua tahapan seleksi terbuka/lelang jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kepala Biro Umum (Karo Umum) Sekretariat Daerah (Setda) Pemprov Jateng sudah selesai. Tiga nama hasil seleksi tim Pansel yang diketuai Prof Endang Larasati sudah diserahkan kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada Kamis (16/4).

“Hasil seleksi dati tim Pansel sudah diserahkan kepada gubernur pada hari Kamis (16/4) sekitar pukul 15.00. Yang diserahkan kepada gubernur tiga nama dari enam orang yang lolos tahapan rekam jejak,”ungkap Prof Endang Larasati saat dihubungi melalui ponselnya, Selasa (21/4).

Bacaan Lainnya

Namun, lalang jabatan yang dikatakan terbuka dan transparan, tampaknya kurang terbuka. Tiga nama yang dinyatakan lolos dan diserahkan kepada gubernur, sampai sekarang tidak pernah diumumkan ke publik.

Prof Endang ketika diminta menyebutkan nama ketiga orang yang lolos dan diserahkan kepada gubernur tidak mau menjawab. Dia beralasan semua itu adalah kewenangan gubernur. “Itu kewenangan gubernur mas, bukan lagi kewenangan pansel. Karena Pansel sudah dibubarkan,”elaknya.

Dia menyampaikan tiga nama yang diserahkan Pansel kepada gubernur itu ada orang dari dalam pemprov dan dari luar pemprov Jateng. “Karena seleksi ini terbuka untuk seluruh orang Indonesia, jadi dari tiga itu ya ada yang dari dalam dan ada yang dari luar pemprov Jateng,”tukasnya sambil tetap tidak mau menyebutkan nama ketiga calon yang lolos.

Ketika didesak bawah untuk transparansi harusnya diumumkan, dia tetap tidak mau menjawab. ‘Maaf mas saya ini sedang mengajar,”tukasnya.

Pada wawancara sebelumnya, Endang menyampaikan Karo Umum merupakan pejabat yang memiliki tugas manajerial ganda. Oleh karenanya, mereka yang terpilih hanyalah yang cerdas, piawai dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) serta memiliki wawasan pelayanan yang tidak hanya prima tetapi juga memiliki kemampuan yang excellent.

”Biro Umum itu wajahnya provinsi. Sehingga dibutuhkan sosok yang memiliki jiwa pelayanan publik yang bagus di samping juga pelayanan secara internal,” pungkasnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sampai berita ini ditulis juga belum bisa dikonfirmasi. Ketika dihubungi melalui sms ke ponselnya, gubernur tidak menjawab.

Kepala Biro Humas Sinung Nugroho saat dikonfirmasi juga menyampaikan bahwa untuk mengumumkan nama-nama yang lolos dari 12 peserta seleksi menjadi 3 adalah menjadi kewenangan gubernur. “Itu menyangkut obyektifitas supaya proses berjalan dengan baik mas,”elaknya.

Tapi bukankah kalau mau transparan, harusnya diumumkan kepublik nama-ama yang lolos?. Sinung menyampaikan, itu diakukan untuk menghindari interfensi. (JN01)

 

GRAFIS 12 Calon Yang Lolos

 

NONAMAASAL INSTANSI
1Dyah LukisariPemprov Jateng
2Edy SupriyantaPemprov Jateng
3Ibnu KuncoroPemprov Jateng
4IndrianiPemprov Jateng
5Noor HadiPemprov Jateng
6Pandji KartikoPemprov Jateng
7Ratna DewajatiPemprov Jateng
8SantosoPemprov Jateng
9SuwondoPemprov Jateng
10Edi RiantoPemkab Kebumen
11Lutfi MujahidinPemprov Kalimantan Utara
12WartonoLemhanas RI

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *