Gerindra Targetkan Menang di Tiga Daerah, PAN Belum Rumuskan Target

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Partai Gerindra mulai memasang target kemenangan di sejumlah daerah pada Pilkada Serentak 2015. Penjaringan bakal calon (balon) di tiap wilayah tidak seluruhnya dengan sistem membuka pendaftaran.

“Kami sedang menganalisa secara cermat, karena kami punya target di beberapa daerah yang harus menang. Antara lain Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora dan Kabupaten Grobogan,” tutur Ketua Desk Pilkada Partai Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro, kemarin.

Bacaan Lainnya

Komunikasi politik intensif dengan sejumlah parpol untuk menjalin koalisi di tiap daerah, masih terus berjalan. Juga inventarisasi terhadap kandidat di daerah yang potensial. Untuk menjaring calon, sistem membuka pendaftaran akan menyesuaikan kondisi tiap daerah.  

“Tidak ada aturan baku soal buka pendaftaran. Karena kami kan tidak bisa mengusung sendiri, kalau buka pendaftaran kan ya terkesan kurang pas. Tapi ada DPC kabupaten/kota yang memohon izin untuk membuka, ya tidak apa-apa untuk penjaringan. Tapi buat kami tidak wajib,” jelasnya.

Untuk Kota Semarang, Gerindra yang telah resmi menjalin koalisi dengan PAN, masih terus berkomunikasi dengan sejumlah parpol. Sriyanto juga menegaskan koalisinya terbuka untuk bergabungnya koalisi yang lain yang telah terbentuk, yakni Demokrat-Golkar-PKS.

“Saya mengistilahkan, dua kutub kalau bisa menyatu kan dahsyat,” ujarnya.

Sementara itu Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jawa Tengah, masih enggan membeberkan wilayah mana saja yang akan menjadi target dimenangkan. “Karepku yo menang kabeh, tapi kira-kira mana saja wilayah yang menangnya mendekati benar, ini masih kita proses,” ujar Ketua DPW PAN Jateng, Wahyu Kristianto, di Gedung Berlian, kemarin.

Tim pilkada di DPW maupun di kabupaten/kota serta pusat telah dibentuk. Untuk mempersiapkan pilkada ini, PAN Jateng tengah menelaah syarat untuk bisa mengusung, yakni menjalin mitra koalisi terkait syarat kecukupan kursi. Potensi kemenangan di tiap wilayah tengah dipetakan, yaitu dari sisi figur dengan memperhatikan aspek popularitas dan elektabilitas.

“Kami juga menerapkan prasyarat, bahwa kami harus meyakini figur yang diusung dan nantinya diberikan kewenangan serta amanah, harus mampu menjadi bupati/walikota atau wakil,” jelasnya.

Komunikasi intensif untuk menjalin mitra koalisi masih terus berjalan, di antaranya dengan Golkar, Gerindra, PKS dan Demokrat. “Rabu depan, DPW PAN Jateng akan bertemu dengan PKB,” pungkasnya.

Pilkada Serentak 2015 di Jateng akan digelar di 21 kabupaten/kota. Pada tahapan yang telah ditetapkan KPU, dijadwalkan pendaftaran pasangan calon adalah 22-24 Juli 2015.(JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *