Soemarmo Masuk Survei DPW PAN Jateng

  • Whatsapp
Seomarmo
Seomarmo
Seomarmo
Seomarmo

SEMARANG, Jowonews.com – Langkah politik mantan Walikota Semarang Soemarmo HS, yang akan maju lagi dalam pemilihan walikota (Pilwakot) Semarang 2015, ternyata mampu menyedot perhatian partai politik dan masyarakat. Bahkan, Partai Amanat Nasional (PAN) dalam surveinya, ada muatan khususnya soal  sosok Soemarmo.

Menurut informasi yang berhasil diperoleh, survei terkait Soemarmo itu sengaja dilakukan oleh PAN. Sebab, Soemarmo dianggap sebagai salah satu tokoh yang potensial memenangi pilwakot Semarang.

Bacaan Lainnya

“Kita sudah melakukan survei terkait calon walikota/wakil walikota Semarang dalam pilwakot. Dalam survei itu muatan khususnya adalah Soemarmo,” ungkap salah seorang pengurus teras DPW PAN Jateng yang tidak mau dikorankan namanya, kemarin.

Survei terhadap Soemarmo itu, untuk mengetahu persepsi publik, terkait dengan kasus yang pernah menyeret Soemarmo ke penjara. “Kita ingin tahu apakah kasus yang dialaminya dulu, karena dia teraniaya atau kejahatan,”tambahnya

Masih menurut sumber di PAN, survei soal Soemarmo sebenarnya sudah selesai. Tapi saat ini masih diolah untuk mengetahui hasilnya.

Ketua DPW PAN Jateng Wahyu Kristianto saat dikonfirmasi tidak mau menjawab. Meski demikian, dia membenarkan kalau PAN Jateng melakukan survei terkait pilwakot Semarang.

“Kita memang melakukan survei. Sekarang masih diolah, empat hari lagi akan kita sampaikan hasilnya,”elaknya.

Menurutnya,,survei DPW PAN Jateng dilakukan bekerjasama dengan Akademi Ilmu Statistik (AIS) Muhammadiyah Semarang. Rencananya survei tidak hanya dilakukan sekali, tapi berulang kali.

“Harapan saya sebelum penetapan pasangan calon, survei sudah selesai dua kali. Sehingga tahu elektabilitas bakal calon,”katanya.

Dalam kesempatan itu, Wahyu menyampaikan kalau DPW PAN Jateng sudah membentuk tim pilkada di 21 kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada serentak 2015. Bahkan sebagian daerah sudah mulai membuka pendaftaran.

Wahyu belum bisa menyampaikan target dari DPW PAN, terkait pilkada di 21 kabupaten/kota. Dengan alasan, sampai sekarang masih melakukan meping. “Kalau bicara target ini terlalu dini,”katanya.

Yang jelas, PAN Jateng sudah menjalin komunikasi politik dengan 5 paropl. Diantaranya adalah Partai Golkar, Gerindar dan PKS. Direncanakan, Rabu pekan depan akan ketemu dengan PKB.

Apakah ada mahar itu bakal calon yang akan mendaftar ke PAN?. Wahyu menyampaikan bakal calon yang terpenting pertama harus menyiapkan kendaraan untuk bisa mengusung calon. Misalnya adalah parpol koalisi dan jumlah kursi parpol.

Kedua ada kemampuan calon untuk memenangkan pilkada.  Yaitu menyangkut popularitas, elektabilitas dan lain sebagainya dan ketiga, siapa pun yang diusung harus mampu pimpin daerah dengan baik.

“Sarat kami hanya itu, tidak ada yang lain”pungkasnya.(JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *