Dieng Culture Festival Siap Digelar Akhir Juli

  • Whatsapp

dcfBanjarnegara, Jowonews.com – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menyiapkan pergelaran Dieng Culture Festival (DCF) 2015.

Agenda DCF tersebut bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng. “Kegiatan tahunan yang akan digelar pada tanggal 31 Juli hingga 2 Agustus 2015 ini merupakan yang keenam kalinya,” kata Ketua Pokdarwis Dieng Pandawa, Desa Dieng Kulon, Alif Fauzi di Banjarnegara, Selasa (28/4/2015).

Bacaan Lainnya

Pihak Pokdarwis melibatkan 10 desa di sekitar KWDT Dieng, antara lain Karangtengah dan Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara, serta Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Menurut dia, hal itu disebabkan KWDT Dieng yang secara geografis berada di dua kabupaten, yakni Banjarnegara dan Wonosobo sehingga keberadaannya harus dijaga dan dikelola secara bersama-sama.

“Batasan geografis hanyalah soal administratif, Dieng milik semua orang yang harus dijaga dan dilestarikan secara bersama sama, baik peninggalan sejarah maupun kebudayaannya,” paparnya.

Wisatawan yang datang ke KWDT, imbuhnya, akan mempunyai kesan tersendiri keramahan warga dalam memberikan pelayanan, lingkungan yang bersih, dan pertunjukan yang menarik. Terkait rangkaian kegiatan DCF 2015, dia mengatakan bahwa pada prinsipnya sama dengan tahun-tahun sebelumnya dengan acara puncak berupa ruwatan anak berambut gimbal atau gembel.

“Seperti biasanya, rangkaian kegiatan DCF 2015 juga tetap digelar di kompleks Candi Arjuna. Kami mengharapkan kegiatan DCF 2015 dapat menarik minat wisatawan untuk datang ke KWDT Dieng meskipun kunjungan wisata ke Dieng cenderung meningkat terutama pada akhir pekan maupun hari libur,” pungkasnya. (JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *