202 Calon PPK di Boyolali Ikuti Tes Tertulis

  • Whatsapp

pilkadaBOYOLALI, Jowonews.com – Sebanyak 202 peserta seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada Boyolali 2015 mengikuti tes tertulis, Selasa (4/5). Tes berlangsung di SMAN 3 Boyolali. Mayoritas peserta adalah wajah baru.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali, Siswadi Sapto Harjono, mengatakan jumlah pendaftar calon anggota PPK sebanyak 219 orang. Dari seleksi administrasi ada 6 orang yang tidak lolos. Dalam tes tertulis yang tidak hadir sebanyak 11 peserta.

Bacaan Lainnya

“Yang tak hadir tes tertulis 11 peserta, mereka langsung dinyatakan gugur. Dengan demikian yang mengikuti tes tertulis sebanyak 202 orang,” ujar Siswadi kepada para wartawan.

Sedang materi tes tertulis, antara lain tentang tata kelola pemerintahan, teknis dan aturan penyelenggaraan pilkada. Selain itu juga pengetahuan tentang kewilayahan di Boyolali menyangkut informasi pelaksanaan Pemilu yang pernah disselenggarakan di Boyolali.

Dari proses seleksi ini, nantinya akan diambil 95 orang untuk menjadi anggota PPK di 19 Kecamatan. Setelah tes tertulis, para peserta yang lolos masih akan menjalani tes wawancara.

Diakui Siswadi, jumlah peserta seleksi calon anggota PPK, setiap kecamatan berbeda. Bahkan ada yang tidak memenuhi jumlah ideal, yakni minimal 10 orang peserta. “Ada beberapa kecamatan yang pesertanya hanya enam atau tujuh orang,” ungkapnya.

Namun karena anggota PPK tiap kecamatan hanya lima orang, lanjut dia, maka jumlah pendaftar itu sudah memenuhi batas kebutuhan per kecamatan.

Adanya aturan baru dalam Peraturan KPU (PKPU), tentang larangan bagi calon yang sudah menjadi anggota PPK dalam dua kali Pilkada, maka anggota PPK kali ini akan didominasi wajah baru. Meski demikian Siswadi meyakini kapasitas para kandidat dalam penyelenggaran pemilihan umum. Sebab, pada umumnya mereka pernah bertugas sebagai anggota PPS maupun KPPS.

“Terkait integritas, netralitas ataupun lainnya akan kami verifikasi dalam tes wawancara yang akan dilaksanakan tanggal 5 sampai 9 Mei besok,” tandasnya.

Nama kandidat juga akan diumumkan ke publik untuk mendapat tanggapan. Hasil tes merupakan kompilasi antara tes tertulis dan wawancara. (JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *