Pemkab Pati Diminta Tingkatkan Dana Infrastuktur Transportasi

  • Whatsapp

penyerahan plakat kepada tim penilaiPati, Jowonews.com – Ketua Tim Penilai Kemenhub Wilayah II Jawa Tengah Dewanto Purnacandra meminta Pemkab Pati untuk meningkatkan anggaran infrastruktur transportasi.

Kepala Subdirektorat Promosi dan Kemitraan Keselamatan dari Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI tersebut mengungkapkan hal itu usai menyampaikan paparan Tim Penilai Wahana Tata Nugraha Tahun 2015 di Ruang Pragolo Setda Kabupaten Pati, Selasa (5/5).

Bacaan Lainnya

“Secara umum hasil penilaian baik, ada peningkatan dari tahun sebelumnya. Untuk pantauan kondisi transportasi, kami menyimpulkan bahwa Kabupaten Pati perlu meningkatkan anggaran untuk meningkatkan transportasi,” ujarnya.

Menurutnya, kondisi transportasi perlu ditingkatkan, agar keselamatan dan kelancaran lalu lintas bisa terpenuhi. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada Pemkab Pati untuk meningkatan anggaran transportasi.

“Keselamatan pengendara dan kelancaran lalu lintas mestinya menjadi prioritas. Untuk itu, infrastruktur yang baik menunjang transportasi yang baik pula,” ujar Dewanto selaku Ketua Tim Penilai.

Wahana Tata Nugraha sendiri merupakan penghargaan di bidang penataan transportasi yang berkelanjutan, dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan. Selama keikutsertaannya di ajang tersebut Pati sudah meraih Wahana Tata Nugraha sebanyak tiga kali berturut-turut pada kategori kota sedang.

Meski demikian, menurut Dewanto, ada banyak hal yang perlu dievaluasi. Salah satunya, trotoar, marka jalan, penunjuk trayek angkutan umum, dan tingkat kesadaran masyarakat terkait dengan lalu lintas.

“Sebagian sudah baik. Hanya saja, ada beberapa hal yang masih perlu dibenahi. Kami juga menemukan kesadaran masyarakat yang masih belum patuh pada aturan lalu lintas,” ujar Dewanto Purnacandra, dari Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI ini.

Tim penilai WTN juga mencatat aspek lainnya yang juga masih perlu diperbaiki, antara lain karena sebagian rambu masih kurang berfungsi optimal akibat terhalang pohon dan kondisi marka jalan yang sudah pudar.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto mengatakan, pihaknya akan melakukan pembenahan terkait hasil evaluasi yang disarakankan tim penilai WTN.

Ada empat hal yang akan ditindaklanjuti Pemkab Pati terkait dengan hasil evaluasi tim penilai Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementerian Perhubungan, yakni, perencanaan, pendanaan, kelembagaan, dan sumber daya manusia (SDM).

“Ada empat aspek yang akan kami kerjakan terkait dengan hasil evaluasi yang baru saja diekspos, yaitu aspek perencanaan, pendanaan, kelembagaan, dan SDM,” ujar Bupati Pati Haryanto.

Rencananya, hal-hal yang masih belum sesuai dengan hasil penilaian tim pemantau WTN akan segera diperbaiki. “Kondisi lapangan banyak yang perlu dibenahi. Tahun depan atau menyesuaikan kondisi, kami akan melakukan pembenahan secepatnya,” tutur Haryanto.

Untuk pengumuman pemenang, Dewanto mengatakan kemungkinan besar akan diumumkan pada hari perhubungan nasional yang biasanya jatuh pada tanggal 17 September. (JN04)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *