DPRD Ingatkan Pemprov Terkait Pengisian Direksi Bank Jateng

  • Whatsapp
Logo Bank Jateng
Logo Bank Jateng

SEMARANG, Jowonews.com – Pemerintah Provinsi Jateng merencanakan akan mebuka lelang jabatan untuk posisi dua Direksi di Bank Jateng, serta menggnti Komisaris Independen. Komisi C mengingatkan pada Pemprov Jateng agar Bank Jateng tak mengulangi kesalahan yang sama dengan merekrut orang yang tidak berkompeten.

Ketua Komisi C DPRD Jateng Afsirla Harisanto alias Bogi mengatakan selama ini Bank Jateng lemah dalam menangani urusan kredit. Hal itu lantaran pihak Bank Jateng kurang maksimal dalam mengelola usaha kredit dari masyarakat. Selanjutnya, dalam memilih personal Direksi semeskinya tidak asal pilih.

Bacaan Lainnya

“Saat RUPS (Rapat usaha pemegang Saham) beberapa waktu lalu, memang ada hasil evaluasi kalau kredit awal tidak tercapai. Bahkan NPL (Non performing Loan) juga selalu rendah. Kredit usaha mikro juga tidak maksimal, bahkan rendah,” terang Politikus PDIP itu saat ditemui di ruangannya, Ahad (10/5).

Bogi membeberkan, saat RUPS membahas mengenai jabatan Direktur Independen Imam Ghazali yang harus diganti. Imam harus pensiun dari jabatannya sehingga direncanakan akan diganti oleh prektisi ekonomi Undip FX Sugiyanto. “Makanya harus orang yang tepat menangani masalah ini. Kita pengennya deviden PAD (Pendapatan Asli Derah) dari Bank Jateng bisa leih tinggi dan maksimal lagi,” tegas Bogi.

Bambang Eko menambahkan, jika memang akan dibuka lelang untuk jabatan dua direksi tersebut, maka harus bisa menjamin keuntungan Bank Jateng bisa lebih optimal. “Jangan mengulangi kesalahan. Kalau ada evaluasi tidak memenuhi target, ya (Direksi) selanjutnya harus sanggup,” tutup Bambang.

Sebelumnya Komisaris Utama Bank Jateng yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng Sri Puryono membuka posisi direksi dengan lelang. Konsep lelang terbuka seperti yang sudah-sudah akan dilaksanakan dalam waktu dekat, lantran posisi tersebut mendesak diisi. Hanya saja, Puryono belum bisa mengabarkan kapan lelang tersebut akan dibuka. (JN01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *